oleh

Hak Akses NIK Dispendukcapil Bangkalan belum Berbasis Online

KABARMADURA.ID, Bangkalan –Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Bangkalan mencanangkan hak akses nomor induk kependudukan (NIK) berbasis online. Namun rencana itu masih belum terealisasi dan masih sebatas wacana. Sehingga sampai saat ini hak akses yang digunakan masih menggunakan manual.

“Kita harus lebih banyak kerjasama dengan instansi terkait lainnya yang membutuhkan data dari kita yang disebut lembaga pengguna swasta maupun pemerintah, itu harus berbasis online,” kata Kepala Bidang Pendataan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Dispendukcapil Bangkalan Tulsi Hayati saat ditemui di ruangannya, Rabu (21/10/2020).

Dikatakan Tulsi, hak akses untuk pemanfaatan data sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 102 Tahun 2019 tentang Pemberian Hak Akses Dan Pemanfaatan Data Kependudukan.

“Misalnya gini, kalau butuh data seperti NIK bisa mengakses melalui online, nanti tinggal memasukkan NIK nanti keluar semua datanya,” ujarnya.

Tulsi menambahkan, kalau perorangan tidak dapat mengakses, hanya instansi yang bekerjasama dengan Dispendukcapil. Lantaran harus ada lembaga pengguna dari pemerintah atau non pemerintah.

“Kami hanya menyediakan aplikasinya, itu pun harus izin ke Kemendagri, misalnya rumah sakit atau atau klinik swasta itu bisa kerjasama dengan kami,” terangnya.

Sementara itu, Kasi Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Bangkalan Andry Riawan menyampaikan, sejak tahun 2018 hingga saat ini ada beberapa lembaga yang telah bekerjasama dengan dinasnya. Seperti dinas sosial, dinas pendidikan, dan rumah sakit.

“Belum bisa online, mereka hanya sebatas kirim surat, baru kami berikan datanya. Hingga saat ini kami selalu sosialisasikan pada instansi terkait. Kami berharap secepatnya hak akses data ini bisa berbasis online,” tandasnya. (km56/mam)

Komentar

News Feed