Hampir Rp1 Miliar untuk Rehab Dam  Toroan di Sampang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) TUNTAS: Adanya Dam Toroan di Desa Ketapang Daya Kecamatan Ketapang Sampang cukup membantu warga dalam bercocok tanam.

KABARMADURA.ID | SAMPANG-Rehab jaringan di Dam Toroan Desa Ketapang Daya Kecamatan Ketapang tuntas. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menganggarkan pembangunan sebesar Rp891 juta. Proyek tersebut dikerjakan oleh CV. Cipta Pekerjaan dengan proyek rehabilitasi jaringan daerah irigasi (DI).

Data yang dirangkum Kabar Madura, Dam Toroan memiliki panjang lebih dari 3 kilometer.  Bahkan sudah direhab sepanjang 430 meter atau sekitar 40-60 persen. Setiap tahun dilaksanakan program pemeliharaan rutin untuk menjaga kondisi jaringan irigasi. Tujuannya, agar tetap berfungsi dengan baik.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sampang R. Moh. Zis melalui Kepala Bidang (Kabid) Irigasi dan Air Baku Fauzan mengatakan, pekerjaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Dam Toroan rampung tepat waktu sesuai dengan kontrak, yakni pada 31 Agustus 2021.

“Alhamdulillah pekerjaan tepat waktu. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat,” ujarnya, Selasa (30/11/2021).

Dia menjelaskan, jika proyek rehabilitasi DI Dam Toroan bertujuan untuk memperlancar layanan irigasi. Sebab sebelum direhab banyak kerusakan atau kebocoran yang terjadi. Sehingga air lebih banyak hilang di tengah jalan dan tidak mengalir ke lahan pertanian. Sedangkan luas  lahan pertanian DI Dam Toroan sekitar 72 hektar.

Rata-rata berada di sebelah kanan saluran irigasi. Sehingga adanya pembangunan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Pihaknya berharap adanya pembangunan tersebut mampu memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Sehingga layanan irigasi bisa lebih maksimal. Terutama berdampak pada peningkatan hasil pertanian.

“Kami berharap warga aktif merawat jaringan irigasi. Sehingga bermanfaat lebih lama. Salah satunya tidak membuang sampah ke saluran irigasi,” saranya.

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *