Hanya 700 Siswa SMP di Bangkalan yang Telah Divaksin

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ISTIMEWA) TARGETKAN HERD IMMUNITY: Sejumlah pelajar SMPN 2 Bangkalan disuntikkan vaksin Sinovac.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan  menargetkan pembentukan herd immunity (kekebalan kelompok) untuk kaum remaja. Rencananya, vaksinasi tersebut menyasar 107.284 pelajar di Bangkalan.

Namun, hingga saat ini, hanya 700 siswa dari enam sekolah menengah pertama negeri (SMPN) yang telah melakukan vaksinasi secara mandiri. Sementara itu,  SMPN 1 Bangkalan dan 2 Kwanyar akan menyusul pada tanggal 5 dan 7 Agustus 2021 nanti.

Bacaan Lainnya

Enam sekolah yang telah melakukan vaksinasi mandiri yakni SMPN 1 Bangkalan, SMPN 2 Bangkalan, SMPN 5 Bangkalan, SMPN 1 Kamal, dan SMPN 1 Kwanyar dan SMPN 2 Kwanyar.

Menurut Sekretaris Disdik Bangkalan Zainul Qomar, sekolah yang bisa melakukan vaksinasi mandiri minimal pesertanya ada 50 siswa. Jika di bawah itu, menurutnya, akan dipusatkan di layanan kesehatan dan layanan vaksin yang disediakan Pemkab Bangkalan.

“Lebih dari 700-an siswa sampai hari ini yang terdata di kami. Artinya, masing-masing sekolah menyelenggarakan sendiri. Kalau yang pergi ke tempat vaksin umum, bisa lebih dari itu,” ujarnya saat dihubungi via seluler, Selasa (3/8/2021).

Sementara itu, pihaknya telah bekerja sama dengan Satgas Covid-19 Bangkalan dan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat bagi sekolah yang belum bisa mengadakan vaksin secara mandiri agar difasilitasi di layanan kesehatan. Ia juga mengimbau pelajar yang tidak bisa melakukan vaksin di sekolah, bisa mendatangi puskesmas terdekat.

“Atau klinik polres kodim dan juga di Gedung Rato Ebhu,” jawabnya.

Adanya batasan minimum sekolah bisa melaksanakan vaksin mandiri itu merupakan saran dari Dinkes Bangkalan. Sementara itu, bagi sekolah yang belum melakukan vaksin, dimintanya segera bisa menyusul sekolah yang sudah vaksin mandiri.

Saat ini, ada tiga sekolah yang sudah melakukan vaksin di layanan kesehatan terdekat. Di antaranya yaitu SMPN Tanjung Bumi, SMPN Blega dan SMPN Konang. Totalnya dari tiga sekolah tersebut ada 71 pelajar.

“Untuk yang SMP swasta belum masuk laporan ke kami. Jumlah siswa keseluruhan  belum bisa saya sebutkan  karena masih proses pendataan Dapodik,” tuturnya.

“Semoga vaksin pelajar ini bisa selesai sebelum PTM berlangsung. Sekarang juga belum bisa PTM, masih perpanjangan PPKM Level 4,” tandasnya. (ina/maf)

Sekolah yang sudah dan akan melakukan vaksin mandiri

  1. SMPN 1 Bangkalan: 160 pelajar
  2. SMPN 2 Bangkalan: 200 pelajar
  3. SMPN 5 Bangkalan: 130 pelajar
  4. SMPN 1 Kamal 149: pelajar
  5. SMPN 1 Kwanyar: jumlah belum diketahui (pelaksanaan tanggal 5 Agustus)
  6. SMPN 2 Kwanyar: jumlah belum diketahui (pelaksanaan tanggal 7 Agustus)

Total = 639 pelajar sudah divaksin

Pelajar yang vaksin di layanan kesehatan

  1. SMPN Tanjung Bumi: 9 pelajar
  2. SMPN Blega: 31 pelajar
  3. SMPN Konang: 30 pelajar

Total: 71 pelajar

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *