Hanya 75 BUMDes di Sumenep yang Sumbang PADes

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) BARU TERBENTUK: Desa Aengmerah, Kecamatan Batuputih, Sumenep, memiliki badan usaha milik desa (BUMDes).

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD Sumenep Tabrani menegaskan, setiap desa wajib memiliki badan usaha milik desa (BUMDes). Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian di setiap desa.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 75 Tahun 2020, yang menyatakan bahwa keuangan desa wajib untuk disertakan untuk penguatan modal BUMDes.

Tabrani melanjutkan, target pengadaan BUMDes yaitu terpenuhinya kebutuhan masyarakat desa setempat, selanjutnya baru peningkatan pendapatan asli desa (PADes).  

Dari 330 desa di Sumenep, tersisa 20 desa yang belum memiliki BUMDes. Selain itu, ada 125 BUMDes yang aktif dan 110 BUMDes yang tidak aktif. Sementara yang masuk dalam kategori BUMDes Sehat, atau sudah menyumbang terhadap pendapatan asli desa (PADes) yaitu sebanyak 75 BUMDes, dan ada 15 BUMDes yang masuk kategori Maju.

“Tetapi masih dinamis atau bisa bertambah pembentukan BUMDes itu. Sementara itu dulu yang masuk berdasarkan laporan dari pendamping desa,” imbuhnya.

Ia menilai, perubahan data tidak terlalu signifikan. Sebab, keberadaan BUMDes masih membutuhkan koreksi dan pendampingan agar PADes dapat terkontrol dan masyarakat semakin sejahtera. Menurutnya, sebagai evaluasi, ketika BUMDes sudah terbentuk dengan penyertaan modal, pihaknya memastikan semua akan aktif..

“Tinggal nanti lebih luas mengakses jaringan, sebab mereka kan sudah ada modal. Tapi untuk berapa persen dari dana desa  (DD), tidak ada ketentuan memang,” pungkasnya. 

Data BUMDes di Sumenep Tahun 2021

Jumlah Desa : 330

Terbentuk BUMDes: 310

Belum Terbentuk BUMDes: 20

Aktif: 125

Tidak Aktif: 110

Sehat (Sumbang PADes): 75

KLASIFIKASI

Pemula :150

Berkembang : 107

Maju :15

Redaktur: Moh. Razin

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *