Hanya 860 Bumil Tercakup Program PKH

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep melalui koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Agus Budi Mulyono menyampaikan, ada 860 ibu hamil (Bumil) yang tercakup dalam program PKH tahap ketiga.

“Ya sementara itu sekitar delapan ratusan ini jumlah Bumil yang dapat PKH tahap ketiga ini. Itu sudah sistem mas, secara otomatis langsung tergabung ke komponen,” katanya, Kamis (26/9).

Ia menjelaskan, ada tiga komponen dalam kepesertaan PKH, yakni kesehatan, pendidikan, lansia dan disabilitas. Ibu Hamil merupakan salah bagian dari komponen kesehatan. Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa yang dimaksud tergabung secara otomatis adalah apabila Bumil itu yang termasuk dalam keanggotaan KPM PKH hanya tinggal mengajukan dengan dilengkapi keterangan resmi secara medis.

“Yang penting langsung lakukan pemberitahuan bahwa sudah hamil. Terkadang lambat, soalnya mungkin masih ragu-ragu. Ya tentunya harus dengan keterangan dokter,” imbuhnya.

Selain itu terkait realisasinya memang tidak ada jumlah secara detail, karena memang yang mendapatkan bantuan komponen kesehatan kategori hamil adalah KPM PKH yang dalam realitanya memang kondisi hamil. Tetapi tidak semua ibu hamil, hanya khusus yang merupakan anggota KPM PKH.

Sementara itu, data terbaru penerima PKH tahap 3 tahun 2019 menurun, dari awalnya berjumlah 63.353 kelompok penerima manfaat (KPM) berubah menjadi 62.40 KPM. Dalam hal ini ada penurunan, meskipun tidak secara signifikan. (ara/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *