oleh

Hanya Pasar 17 Agustus Bisa Terapkan Sistem Portal Parkir

Kabarmadura.id/Pamakasan-Dinas Perhubungan (Dishub) Pamekasan, tidak bisa memberlakukan portalisasi parkir di 13 pasar yang tersebar. Saat ini, hanya Pasar 17 Agustus yang bisa menerapkan portal parkir tahun ini.

Menurut Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Pamekasan Agus Budi Santoso, portal parkir di 13 pasar tidak bisa terealisasi secara serentak. Hal itu disebabkan oleh keterbatasan lahan parkir yang dimiliki oleh pasar tersebut.

“Dari beberapa kajian yang kami lakukan tidak semua pasar ada tempat parkir yang representatif, untuk tahun ini yang akan dipasang portal parkir hanya Pasar 17 Agustus,” ungkapnya, Rabu (25/3/2020).

Dirinya menambahkan, untuk tahun berikutnya sistem portal parkir akan disesuaikan dengan ketersediaan lahan parkir, agar nantinya anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan portal parkir bisa maksimal, utamanya dalam mendukung pemasukan retribusi pada pendapatan asli daerah (PAD).

“Belajar dari portalisasi di RSUD ternyata PAD meningkat signifikan setelah menggunakan sistem portal,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Ali Maskur, mendesak agar pihak eksekutif bisa menerapkan portal parkir di 13 pasar yang tersebar di wilayah setempat.

Dirinya menilai, penggunaan sistem portal pada parkir di pasar akan lebih efektif menekan kebocoran retribusi parkir, utamanya dalam memberikan kontribusi pada PAD. Dia juga menilai, penerapan portal parkir tidak akan mengurangi tenaga yang sudah ada, sebab untuk petugas sistem portal masih membutuhkan tenaga manusia.

““Kalau di portal itu peningkatan PAD bisa di atas 100 persen, jadi kalau misalnya pendapatan Rp1 juta per hari bisa jadi Rp2 juta, jadi angka-angka penyelewengannya itu sangat kecil,” pungkasnya. (rul/pin)

 

Komentar

News Feed