Hanya Punya Rp150 Juta, Promosi Wisata Terpaksa Cukup Gunakan Leaflet dan Buket

  • Whatsapp
SEPI: Taman Rekreasi Kota (TRK) Bangkalan tampak sepi dari pengunjung dan terlihat kumuh serta tak terawat

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Sementara ingin menggenjot kepariwisataan, Pemerintah Kabupaten Bangkalan hanya menganggarkan Rp150 juta untuk promosi wisata tahun 2021. Anggaran itu sudah ditetapkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021.

Kepala Bidang (Kabid) Promosi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan Eddy menyampaikan, dengan anggaran Rp150 juta itu, diakui hanya menghasilkan sebagian kecil kegiatan promosi wisata. Sementara jika mengaca daerah lain, sangat jauh dan di Bangkalan termasuk masih belum ideal.

Bacaan Lainnya

“Seperti Banyuwangi, untuk anggaran di dinas pariwisata itu bisa mencapai Rp15 miliar per tahun, sedangkan di sini hanya mencapai Rp5 miliar, dari itu saja sudah jauh selisihnya, maka anggaran itu kurang mencukupi untuk mempromosikan wisata dengan baik,” katanya, Senin (3/5/2021).

Eddy menambahkan, terbatasnya anggaran tidak lain karena adanya wabah Covid-19 yang hingga detik ini belum mereda. Selain itu, anggarannya terdampak pengalihan untuk penanganan Covid-19.

“Anggaran Rp150 juta tersebut hanya cukup untuk membuat buket dan leaflet. Sekarang masih pandemi dan hanya sebagian wisata yang buka,” dalihnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi D DPRD Bangkalan Nur Hasan menyampaikan bahwa anggaran Rp150 tersebut sangat cukup untuk kegiatan promosi wisata. Bahkan politisi PPP itu meminta agar anggaran sebanyak itu tidak hanya untuk dibuat beli buket akan tetapi harus lengkap dengan sosialisasi kepada semua travel.

“Saya rasa itu sangat cukup untuk mempromosikan wisata. Nanti akan kami tanyakan kepada pihak disbudpar apa dampak terhadap wisata setelah dianggarkan Rp150 juta untuk promosi wisata. Nanti harus jelas jelas semua dan yang paling penting berdampak kepada peningkatan PAD,” tegasnya. (ron/waw)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *