Harga Pupuk Meroket, Legislatif Temukan Polemik Kelangkaan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM  SYARIF) LANGKA: Harga pupuk melonjak . 

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Kelangkaan pupuk di Pamekasan pada musim tanam tahun ini sangat  dirasakan masyarakat. Selain itu, pada tahun ini kenaikan harga pupuk  semakin menambah kebingungan para petani. Kondisi ini berdasar dari laporan masyarakat kepada Ahmadi, Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, yang mensinyalir adanya permainan pihak ketiga. Karenanya, dilakukan evaluasi secara bersama di ruang sidang DPRD Pamekasan, yang menghadirkan Dinas Pertanian dan distributor pupuk bersubsidi untuk mengurai berbagai polemik yang sering  terjadi.

Menurut Ketua Komisi II DPRD Pamekasan, Ahmadi,  sejauh ini sudah banyak menerima laporan yang masuk kepadanya. Mulai dari mahalnya harga hingga kelangkaan pupuk.  Oleh sebab itu, akan terus memberikan pengawasan sesuai dengan tupoksinya untuk mengurai masalah ketersediaan pupuk.

Bacaan Lainnya

“Bagaimana pendistribusian pupuk tahun ini sesuai dengan peraturan presiden (perpres), dalam artian pupuk itu tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat jumlahnya. Kalau masalah laporan, banyak  fakta di lapangan terkait kelangkaan pupuk,” paparnya.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala  Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Distan PHP) Pamekasan, AJib Abdullah, menampik adanya kelangkaan pupuk di pasaran, sebab pihaknya sudah berkoordinasi dengan distributor untuk memastikan  ketersediaan pupuk. Namun, untuk tahun 2021  harga pupuk sudah lebih tinggi daripada tahun 2020.

“Untuk harga ada perubahan, kecuali NPK. Itu sudah menjadi keputusan  pemerintah pusat. Kami melaksanakan regulasi pusat,” paparnya.

Ditambahkannya, dalam menangani kelangkaan pupuk, pihaknya sudah mengawasi secara ketat pendistribusiannya, supaya tidak terjadi polemik kelangkaan pupuk.

“Sebenarnya polemik distribusi yang harus dihindari. Langkah yang kami lakukan, setiap distributor pada bulan Desember harus lapor ke Balai Penyuluhan Pertanian (BPP),” tukasnya. (rul/km58)

Harga Eceran Tertinggi (HET) Pupuk Tahun 2021

Jenis Pupuk  HET lama

(Rp/kg)

HET Baru 

(Rp/kg)

Kenaikan HET

(Rp/kg)

Urea 1.800 2500 450
SP36 2000 2400 400
ZA 1400 1.700 300
Organik Granul 500 800 300
NPK 2.300 2.300

Sumber:Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 49 Tahun 2020

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *