Hari Kesaktian Pancasila, Momentum Tumbuhkan Kecintaan Terhadap NKRI

  • Whatsapp

Kabarmadura.id – Momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi refleksi bagi semua pihak, untuk kemudian menancapkan kembali rasa nasionalisme terhadap ideologi Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam ras, suku, adat istiadat.

Demikian diungkapkan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, usai memimpin jalannya upacara dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Nagara Bakti Pendopo Agung Ronggosukowati, Senin (1/10).

Dikatakan, semangat kecintaan terhadap Pancasila, menjadi pelecut setiap individu maupun kelompok, untuk kemudian turut ikut andil dalam mendorong rasa nasionalisme itu dicintai juga oleh generasi-generasi penerus bangsa dimasa kini hingga yang akan datang.

“Kita ini menjadi satu negara karena ideologi kita, kalau kemudian ideologi ini mulai tergerus, maka tugas kita berikutnya adalah membangun dan membangkitkan kembali ideologi bangsa ini,” tegas bupati termuda sepanjang sejarah kepemimpinan kepala daerah di Pamekasan itu.

Bupati Baddrut mengingatkan, bahwa menjadi sikap yang salah,  jika di kemudian hari rasa kecintaan kita terhadap bangsa ini semakin tergerus oleh zaman. Oleh karena itu, pada momentum refleksi Hari Kesaktian Pancasila kali ini, diharapkan dapat menumbuhkan kembali kecintaan kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Keyakinan, perilaku, dan orientasi kita ialah bagaimana mendorong rasa nasionalisme serta kecintaan kita kepada bangsa yang besar ini semakin kuat. Karena mau bagaimanapun, kita semua bernafas dan menggantungkan hidup ditanah kelahiran kita yang subur dan makmur ini,” tuturnya.

Pihaknya berharap kecintaan terhadap bangsa dan tanah air tersebut, dilanjutkan dengan beberapa kebijakan yang memihak seluruh masyarakat Indonesia. Hal itu sesuai dengan makna dari butir-butir Pancasila sila ke-5 yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Intinya, nasionalisme itu harus kembali ditancapkan di seluruh elemen dan stakeholder yang lain. Mari bersama-sama kita membangun bangsa yang besar ini,” pungkasnya.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Pamekasan. Selain itu, juga turut dilibatkan Unsur Polri, Kodim 0826 Pamekasan, Korpri, hingga mahasiswa dan pelajar. Sedangakan tema yang terkandung ialah ‘Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa’. (fer/waw/adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *