Harus Sediakan Kandang Koloni Sapi Bagi Poktan Penerima Hibah Sapi di Sampang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN)

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Kabupaten Sampang, belum memastikan jadwal realisasi bantuan hibah sapi. Hanya saja, setiap kelompok tani (poktan) penerima harus menyediakan kandang koloni. Tujuannya, untuk mempermudah pengawasan. Sebab, hewan ternak tersebut dipastikan ada di lokasi yang sama.

Kepada Dinas Pertanian dan KP Sampang Suyono mengaku, tanggung jawabnya hanya di bidang pengawasan dalam program bantuan hibah sapi yang berasal dari aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Sehingga, harus ada upaya untuk mempermudah pengawasannya. “Kami harapkan penerima bantuan bisa menyiapkan kandang koloni. Karena pengawasan akan lebih nyaman dilakukan,” ujarnya, Senin (14/6/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, petugas di bidang pengawasan akan harus melakukan monitoring setiap dua bulan sekali. Sehingga, kandang koloni bisa membantu proses monitoring lebih efektif. Secara petunjuk dan teknis (juknis), tidak ada ketentuan harus menggunakan kandang koloni. Yakni, hanya disesuaikan dengan kebijakan di internal poktan. Namun, demi proses pengawasan kandang koloni dibutuhkan.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Sampang Agus Khusnul Yaqin menyarankan, agar dinas lebih berkomitmen mengawasi pengadaan sapi secara hibah. Termasuk, tentang bentuk pengawasannya. “Mestinya, disperta siap dalam kondisi apapun. Pengawasan tidak wajib dibantu dengan kandang koloni, “ responnya.

Pihaknya berharap, adanya bantuan hibah sapi ke setiap poktan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terutama, warga yang memang penghasilan di bidang peternak sapi. “Jika memang kandang koloni itu demi keoptimalan pengawasan, tidak masalah. Sehingga dengan adanya pengawasan itu, ketersediaan bantuan hibah mampu dikembangkan,” harapnya. (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *