Hasil Prediksi BMKG, Jatim Khususnya Sampang Rawan Bencana Banjir

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) WARNING: Masyarakat diminta tetap waspada bencana banjir di Sampang.

KABARMADURA.ID | SAMPANG – Pasca pemeriksaan sejumlah mesin pompa air di Sampang, warga diminta tetap waspada. Sebab bencana alam bisa terjadi kapan saja dan tidak bisa diprediksi. Sehingga kewaspadaan bisa dilakukan oleh semua lapisan. Terutama masyarakat di lokasi yang rawan banjir, longsor maupun jenis bencana lainnya.

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pemerintah harus lebih sigap menanggulangi bencana. Salah satunya bencana banjir dan longsor di daerah dengan slogan Kota Bahari. Termasuk bencana angin puting beliung. Jika semua waspada, maka bisa meminimalisir dampak yang tidak diinginkan.

“Jika pemerintah dan masyarakat sudah waspada, maka bisa meminimalisir dampak dari adanya bencana alam tersebut. Jadi mari tingkatkan kewaspadaan secara bersama,” ujarnya, Senin (15/11/2021).

Pihaknya mengajak untuk waspada bukan tanpa alasan. Namun, sudah berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya. Sehingga perlu ditindaklanjuti oleh semua pihak untuk lebih berhati-hati. Sebab BMKG selalu memberikan warning atau peringatan tentang lanina dan hydra mitologi memungkinkan intensitas hujan tinggi di seluruh wilayah Jatim.

“Termasuk di Madura, di Sampang khususnya. Peringatan itu tentunya tidak hanya berdasarkan prediksi asal-asalan. Namun juga dibantu alat canggih. Sehingga menjadi catatan bersama untuk tetap waspada,” tuturnya.

Seperti pada bencana banjir, pemerintah bisa melakukan cek in ricek tentang proses sirkulasi air lebih bagus dan lebih cepat. Sehingga bisa diketahui seberapa besar potensi banjir yang mengancam wilayah perkotaan dan sekitarnya. “Kami berharap masyarakat waspada dan hati-hati. Seperti melakukan cek dan ricek kesiapan rumah pompa air di Sampang,” tegasnya.

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *