oleh

Hasil Rekrutmen KPPS Pilkada Sumenep Melebihi Kebutuhan

KABARMADURA.ID, Sumenep -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep semapt memperpanjang rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pilkada Sumenep. Sebab, ada wilayah yang tidak ada pendaftarnya.

Komisioner KPU Sumenep Rafiki mengatakan, pada proses perpanjangan hingga pada tanggal 18 Oktober kemarin, kebutuhan KPPS sudah sesuai dengan jumlah di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

“Sudah habis kan masa perpanjangan, sehingga tidak perlu lagi melakukan perpanjangan, sebab sudah ada pendaftarnya di setiap desa, meskipun sempat ada sekitar 46 desa itu tidak ada atau belum mendaftar,” katanya, Senin (19/10/2020).

Meskipun sudah dinyatakan terpenuhi, bukan berarti tahapan selesai. Sebab ada masalah sebaliknya, yaitu pendaftar melebihi dari kapasitas yang dibutuhkan, sehingga hal itu masih menambah pekerjaan bagi petugas KPU di tingkat kecamatan dan desa.

Salah satu tugasnya, lanjut lelaki yang akrab disapa Tanzil itu, adalah jumlah pendaftar yang lebih dari tujuh, maka diharuskan melakukan seleksi, apalagi di salah satu daerah ada yang sampai 40 peserta lebih yang mendaftar KPPS.

“Nah itu yang menjadi perhatian selanjutnya, sehingga pekerjaan seperti itu memang tidak terencanakan, namun memang harus sesuai dengan kebutuhan pendaftar sehingga harus diverifikasi dulu,” imbuhnya.

Verifikasi yang dimaksud ialah mulai dari pemberkasan dan persyaratan lainnya. Setelah itu terpenuhi, semua maka dilanjutkan dengan verifikasi kompetensi, yaitu mulai dari tes wawancara dan yang lainnya.

“Prioritas memang harus warga dusun setempat, sebab warga satu desa bisa mendaftar di dusun mana saja boleh, tapi catatannya jika tidak melebihi jumlah pendaftar,” paparnya.

Sementara itu, kebutuhan KPPS di setiap TPS adalah tujuh orang. Sehingga dari 2.500 TPS membutuhkan 17.500 orang. Dan gaji atau honorium ketua adalah Rp900 ribu dan anggota Rp850 ribu. (ara/waw)

Komentar

News Feed