oleh

HBA ke-60, Kajari Sampang: Momentum Pacu Kinerja dan Jaga Kepercayaan Masyarakat

Kabarmadura.id/SAMPANG-Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang sukses gelar acara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 tahun ini.

Di tengah wabah Covid-19 ini, kegiatan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Upacara dilaksanakan secara virtual, bertempat di aula kantor Kejari Sampang di jalan Jaksa Agung Suprapto No.84, Kelurahan Gunung Sekar, pada Rabu (22/07/2020).

Dalam sambutannya, Kepala Kejari Sampang Maskur, SH., MH menuturkan, sesuai dengan tema yang diusung pada momentum peringatan HBA ke-60 ini,Kejari Sampang berkomitmen tidak berhenti meningkatkan kinerja dan tetap menjaga kepercayaan masyarakat.

Beberapa bulan terakhir, wabah Covid-19 inicukupmempengaruhi kinerja KorpsAdhyaksa itu, utamanya dalam pelaksanaan kegiatan ke luar, seperti penyelidikan, pelaksanaan pendampingan hukum yang menjadi kurang maksimal.

Akan tetapi, kata Maskur,di era now normal, dirinya komitmen terus meningkatkan kinerja, yakni dengan bergerak dan berkarya. Harapannya dapat mengoptimalkan kinerja, utamanya dalam hal penanganan tugas-tugas pokok di semua bidang, baik pidana khusus, pidana umum, intelijen, perdata dan tata usaha negara(datun) untuk pendampingan maupun bantuan hukum kepada negara.

“Kedepan kami berkomitmen untuk meningkatkan kinerja yang beberapa bulan terakhir ini terkendala adanya wabah Covid-19,” tutur Maskur kepada Kabar Madura, Rabu (22/07/2020).

Dirinya juga menghimbau kepada para jaksa, khususnya yang masih muda agar lebih meningkatkan prestasi, mengangkat citra kejaksaan agar tetap mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Harapannya, dalam menangani perkara harus bisa mengedepankan hati nurani dalam memberikan rasa keadilan kepada masyarakat, sehinggaKorps Adhyaksa tetap dipercaya.

“Prinsipnya, kami tetap akan bekerja seoptimal mungkin, kami tidak memiliki target yang muluk-muluk, terpenting semua laporan yang masuk ini, dapat ditangani secara maksimal dan membuahkan hasil,” tegasnya.

Mengenai penangana kasus korupsi di wilayah berjuluk Kota Bahari, kata Maskur, kedepan akan lebih menekankan upaya pencegahan, terutama kegiatan dalam penanganan wabah Covid-19.Mengingat sebagian besar anggaran pemerintah itu dialihkan untuk penanganan bencana nonalam tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang juga diimbau agar lebih berhati-hati dalam pelaksanaan anggaran penanganan Covid-19 itu. Sebab, dalam penanggulangan wabah Covid-19 itu, prosedur pengadaan barang dan jasa sudah lebih disederhanakan,

“Kami minta penggunaan anggaran Covid-19 ini, betul-betul dilaksanakan sesuai kebutuhan dan cara pengadaannyapun harus transparan dan akuntabel,”pintanya.

Dalam rentetan acara HBA ke-60 di Kejari Sampang pada selasa 21 Juli 2020, juga menggelar upacara peringatan hari ulang tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-XX yang bertempat di uala kantor Kejari Sampang.

Setelah itu, dilanjutkan dengan acara upaca ziaroh di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Sampang.

Pada Rabu 22 Juli 2020, Kejari Sampang menggelar upacara HUT HBA ke-60 tahun 2020 dengan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin melalui video conference sekaligus syukuran yang ditandai dengan acara pemotongan tumpeng di Aula Kejari Sampang.(sub/waw)

Komentar

News Feed