HCML Dukung Kegiatan Petik Laut Pulau Mandangin

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Sampang-Husky CNOOC Madura Limited (HCML), memberikan dukungan penuh pada kegiatan petik laut yang digelar warga Pulau Mandangin. Terlebih, petik laut merupakan tradisi atau budaya masyarakat pesisir yang harus terus dilestarikan.

Lead Officer Relations HCML Ali Aliyuddin mengatakan, pihaknya sangat mendukung pelestarian budaya petik laut yang merupakan representasi rasa syukur masyarakat pesisir, atas hasil laut yang diperoleh.

Bahkan, sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas yang beroperasi di wilayah perairan laut Kabupaten Sampang, HMCL memberikan dukunngan penuh atas terlaksananya kegiatan petik laut yang digelar di Pulau Mandangin.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, selain kegiatan petik laut, HCML juga memilik program-program pemberdayaan masyarakat, yang terus disinkronisasikan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Sampang

“Seluruh kegiatan full kami danai. Kenapa, karena ini tradisi masyarakat dan merupakan bentuk kepedulian kami terhadap warga mandangin,” ungkapnya, Minggu (15/12/2019).

“Ibarat masakan program kami ini sebagai penyedap rasa terhadap rencana program pemerintah”.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Mandangin Syaiful Anam mengatakan, kegiatan petik laut yang digelar dengan berbagai rangkaian acara selama tiga hari berturut-turut itu, merupakan salah satu bentuk upaya masyarakat dalam  melestarikan budaya lokal.

“Petik laut sama sekali tidak bertentangan dengan agama, karena kami bukan melarung sesajen tetapi melarung sedekah,” kata Syaiful Anam.

Wakil Bupati Sampang H.Abdullah Hidayat saat hadir pada acara petik laut warga Pulau Mandangin menjelaskan, petik laut merupakan sebuah budaya leluhur yang sangat penting dan wajib dilestarikan. Sebab, selain diyakini sebagai bentuk rasa syukur, petik laut juga bisa menarik wisatawan untuk mendongkrak perekonomian lokal.

“Petik laut ini murni dibiayai oleh HCML, harapan saya kedepan HCML terus peduli terhadap budaya petik laut,” harapnya. (km49/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *