Hidupkan UMKM Setempat, Pemdes Kertagena Daya Kembangkan Wisata Bukit Kehi


Hidupkan UMKM Setempat, Pemdes Kertagena Daya Kembangkan Wisata Bukit Kehi

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Keberadaan wisata Bukti Kehi di Desa Kertagena Daya, Kecamatan Kadur, dinilai mampu mendongkrak ekonomi warga setempat. Hal itu diakui langsung oleh Kepala Desa Kertagena Daya Zainani.

Menurutnya, selama ini pemerintah desa (pemdes) gencar melakukan pengembangan di sektor pariwisata untuk kemajuan desa. Salah satunya yang menjadi daya tarik pengunjung yaitu Wisata Bukti Kehi.

Zainani mengungkapkan bahwa warga setempat bisa berjualan berbagai macam jenis produk di sekitar lokasi wisata tersebut. Tidak hanya itu, pihaknya juga menyediakan paket wisata lengkap dengan makanan hasil produk warga sekitar; seperti halnya gula merah, jagung, siwalan, dan semacamnya.

“Warga tidak lagi kebingungungan untuk menjual produk makanannya. Karena di Bukit Kehi menyediakan paket wisata yang lengkap dengan paket makananya. Harganya macam-macam,” ucap Zainani.

Kepala desa yang menjabat selama 3 periode itu juga mengatakan, wisata Bukit Kehi memberikan manfaat yang luar biasa kepada warganya. Sebab, pihaknya bisa membuka lowongan kerja kepada masyarakat, khususnya para pemuda desa. Dia mengaku, sejauh ini sudah ada 20 orang pekerja di Bukit Kehi.

Selain menyediakan panorama dan pelayanan yang indah, wisata yang dikelola sejak tahun 2019 itu juga menyediakan sewa gedung, paket oleh-oleh khas Kertagenah Daya, dan lain sebagainya.

Zainani menambahkan, pengelolaan wisata Bukit Kehi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) itu dilakukan dengan memberikan pelatihan dan bantuan dana. Lebih lanjut, dia berharap, pihaknya bisa memajukan desa yang dipimpinnya terus maju dan bisa mensejahterakan perekonomian masyarakat.

“Adanya inovasi-inovasi itu, kami berharap ekonomi masyarakat terus berkembang,” ungkap Zainani.

Reporter: KM 65

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky