Hindari Konflik, Pemilihan BPD Banyuning Laok Diulang

  • Whatsapp
DIULANG: Warga Desa Banyuning Laok, Geger yang mengadu ke Komisi A DPRD Bangkalan, (1/10/2019).

Kabarmadura.id/Bangkalan- Setelah mendapatkam aduan dari warga desa Banyuning Laok, Kecamatan Geger Selasa (1/10/2019), akhirnya Kamis (3/10/2019), Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan memanggil pihak-pihak terkait.

Pihak-pihak tersebut yakni kepala Desa Banyuning Laok, camat Geger dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Berdasarkan hasil pemanggilan tersebut, Ketua Komisi A Mujibburrahman menerangkan, akan melakukan pendaftaran dan pemilihan ulang Badan Pengawas Desa (BPD). Kesepakatan tersebut agar tidak terjadi konflik di antara warga Banyuning Laok.

“Kami sepakat untuk melakukan pembukaan pendaftaran ulang untuk pemilihan BPD,” katanya, Kamis (3/10).

Namun, pembukaan kembali pemilihan BPD tersebut tidak semua desa di Bangkalan. Melainkan, hanya desa-desa tertentu yang dinilai bermasalah seperti Desa Banyuning Laok.

“Hanya Desa Banyuning Laok yang dibuka kembali pendaftarannya. Sementara desa lainnya yang tidak bermasalah, tidak,” jelasnya.

Selain, dibukanya kembali pendaftaran BPD, Komisi A DPRD Bangkalan akan mendatangi langsung desa-desa yang bermasalah dan dinilai tidak transparan saat pemilihan BPD. Sebab menurutnya, pemilihan BPD ini harus dikawal agar tidak terjadi konflik.

“Nanti pada waktu pemilihan kita mau merencanakan mendatangi langsung desa-desa yang bermasalah termasuk Desa Banyuning Laok,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam dialog tersebut, pihaki DPMD Bangkalan diwakili oleh stafnya. Saat ditanya mengenai hasil pemanggilan tersebut, pihaknya enggan memberikan komentara.

“Langsung ke Kabid atau pimpinan saja ya,” tukas salah satu staf DMPD sambil meninggalkan ruangan komisi A.

Sedangkan, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa DPMD Bangkalan Amir Lutfi dan Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPMD Saksono Farmanto tidak merespon saat pihak Kabar Madura mencoba mengklarifikasi melalui via seluler. (ina/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *