Honorer dan Sukwan di Sumenep Tanggungan OPD

(FOTO: KM/IMAM MAHDI) BUTA DATA: Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep tidak mendata jumlah  honorer, sukwan serta aparatur sipil negara (ASN). 

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Tenaga honorer dan sukarelawan (sukwan) di daerah menjadi tanggung jawab dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep Abd. Madjid melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Linda Mardiana, Senin (24/1/2022).

Menurutnya, akibat menjadi tanggung jawab dari setiap OPD instansinya tidak mengetahui secara pasti jumlah keseluruhan sukwan maupun honorer. Apalagi, instansinya tidak menangani dua unsur tersebut. Sebab merupakan kebijakan masing-masing instansi yang mengangkat dan mempekerjakannya.

“Kalau kami yang menanganinya, berarti instansi kami juga bisa melegalkan honorer maupun sukwan. Tentu tidak bisa, dan bukan masuk pada kewenangan kami,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pihaknya menuturkan, hanya bertanggung jawab mengenai aparatur sipil negara (ASN). Hanya saja, hingga saat ini datanya belum diupdate. Sebab data ASN setiap tahun berubah. Bahkan tidak bisa menghitung kekurangan ASN lantaran setiap kali melakukan pengadaan ASN perlu adanya berbagai pertimbangan.

“Kami tidak bisa melakukan pendataan sendiri, harus didampingi oleh masing-masing OPD. Tapi masalahnya sampai detik ini belum ada OPD yang melakukan pendataan mengenai honorer dan sukwan. Insyaallah tahun 2023 ini kami akan melakukan inventarisasi,” tuturnya.

Sementara itu anggota Komisi I DPRD Sumenep Nurus Salam mengatakan, kebutuhan ASN perlu dilakukan updating data. Jika tidak demikian, maka pemkab akan kebingungan pada saat akan merekrut ASN. Termasuk pendataan sukwan dan honorer juga penting dilakukan. “BKPSDM Sumenep harus tanggap dan cepat dalam updating data,” responnya.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.