HSN, Kaligrafi Santri Terjual Habis

  • Whatsapp
APRESIASI: Wakil Bupati Pamekasan Raja'e mengapresiasi pagelaran lomba kaligrafi yang digelar PC GP ANSOR Pamekasan dalam rangka HSN 2019

Kabamadura.id/Pamekasan-Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pamekasan memiliki cara unik untuk memfasilitasi karya seni santri. Bersamaan dengan rangkaian Hari Santri Nasional, organisasi pemuda NU tersebut menggelar festival kaligrafi bagi para santri di Mandhapa Ronggosukowati, Minggu sore (20/10/2019).

Tidak ada juara pada kegiatan festival tersebut, karena pengurus Ansor Pamekasan langsung melelang karya para peserta yang berasal dari utusan pesantren tersebut. Usai kaligrafi selesai digarap, Wakil Bupati Pamekasan Ach. Rajaie menjadi pembeli pertama.

Orang nomor 2 di pemerintahan Pamekasan tersebut, langsung memborong tiga buah kaligrafi karya peserta.

“Upaya Ansor untuk memfasilitasi karya seni santri yang terpendam ini kami apresiasi. Kedepannya harus lebih baik dan jangkauannya lebih luas,” ungkap Raja’e.

Rajaie yang berlatar belakang santri dan pernah menjadi guru di pesantren, memilih karya kaligrafi kontemporer sebagai pilihan. Sayangnya, angka pembelian dari Rajae diletakkan dalam amplop tertutup.

Pada kesempatan lelang terbuka karya santri tersebut, Komisioner KPU Pamekasan Fathorrahman Usman juga ambil bagian. Pria yang pernah nyantri ini, juga memborong 3 karya peserta.

“Saya sengaja datang untuk apresiasi karya para santri. Nyatanya ada yang menarik minat saya dan kebetulan saya tawar harganya  masuk,” ungkap Fathrorrahman.

Seluruh kaligrafi karya para santri  yang ikut serta dalam  Festival Kaligrafi tersebut tidak ada yang terisa. Semuanya laku dibeli pengunjung.

“Saya kan diminta beli jelang akhir. Sebenarnya ada yang sudah saya lirik, tapi sudah diambil wabup dan komisioner KPU. Jadinya saya hanya kebagian dua karya  saja. Niat saya dari kegiatan ini adalah memfasilitasi karya para santri. Dan ini  masih  pertama dan tentunya kedepan kami akan gelar  kembali,” ungkap Ketua PC Ansor PamekasanSyafiuddin. (bri/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *