Hujan Deras, BPBD Sampang Warning Potensi Banjir

  • Bagikan
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) DIPREDIKSI: Alarm E-WS berbunyi, berpotensi terjadi banjir. Warga diminta antisipasi sejak dini.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Akibat guyuran hujan yang tidak henti-hentinya dari wilayah pertengahan, yakni Kecamatan Kedungdung dan Robatal berdampak pada wilayah perkotaan. Sehingga banyak lokasi yang sudah terjadi genangan air.

Selain itu, pada hari Rabu (9/12) terjadi hujan deras yang sangat lama, sehingga mengakibatkan air sungai di Desa Daleman Kecamatan Kedungdung meluap hingga menutupi jembatan. Diprediksi, air tersebut akan segera mengalir ke kota.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang Anang Djoenaidi mengatakan, debit air sungai di Desa Daleman saat ini sudah melewati batas. Sebab, airnya sudah ada di atas jembatan.

Menurutnya, dengan meluapnya air di sungai tersebut sebagian lokasi di area perkotaan akan terjadi genangan air. Sehingga dirinya berharap meski nanti air tersebut masuk ke perkotaan semoga tidak sampai terjadi banjir.

“Diperkirakan air itu masuk ke kota jam 21.00-22.00. Jadi nanti akan ada beberapa titik yang terjadi genangan. Seperti, kelurahan Rongtengah, jalan Pemuda Baru, Pemuda Bahari, dan Terate, dengan tinggi 10-20 sentimeter,” ungkapnya, Rabu (9/12/2020).

Selain itu, Anang menuturkan, jika kondisi air tinggi maka alarm dari elektronik warning sistem (E-WS) atau alat pendeteksi banjir yang dipasang di Kedungdung akan berbunyi. Dan itu diketahui oleh BPBD kabupaten dan BPBD Provinsi. Sebab, sinyal E-WS tersebut terkoneksi.

Selain itu, hari Kamis ia mengaku akan mengecek kondisi alat-alat yang sudah terpasang diberbagai titik, agar ketika terjadi banjir genangannya tidak terlalu lama. Selain itu, kesiapsiagaan. Karena, pada pertengahan bulan diprediksi akan terjadi hujan yang deras.

“Ketika ketinggian air mencapai 5-6 meter maka, alarm E-WS berbunyi. Dan kami sudah siapkan petugas karena di utara kondisi air sudah tinggi,” pungkasnya. (mal/mam)

Baca juga  Pesan Apapun, Dimanapun, Ongkos Kirim Seikhlasnya Ada Mass Jek
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan