oleh

Humera, Dosen UNIBA Madura sejak Kecil Kuasai 4 Bahasa Asing

Kabarmadura.id/Sumenep-Tahun 2019, Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura memiliki dosen yang multibahasa, yakni Humera Asad Ullah Khan. Humera bisa berbahasa Inggris, Hindi (bahasa orang India), Urdu (bahasa orang Indo-Arya), dan bahasa daerah Punjabi (bahasa orang Indo-Arya) dengan lancar. Bahkan, sejak kecil.

SYAHID MUJTAHIDY, SUMENEP

Bagaimana bisa? Dosen yang tinggal di Jalan Kerapu Nomor 16A Sumenep ini sudah terbiasa berkomunikasi menggunakan empat bahasa tersebut sejak anak-anak. Hal itu tidak terlepas di keluarganya menggunakan keempat bahasa itu, selain juga bahasa lokal.

Lebih lanjut, Dosen UNIBA Madura ini menceritakan, dirinya terlahir dari keluarga Pakistan yang tanpa blaster dengan negara lain termasuk Indonesia. Namun, dia lahir di Surabaya, 28 Oktober 1992.

“Keluarga asli Pakistan, tidak ada campuran. Jadi, saya sudah terbiasa berbahasa asing seperti Bahasa Inggris, Hindi, Urdu, dan Punjabi dari kecil. Saya di rumah memang menggunakan bahasa-bahasa tersebut,” tuturnya kepada Kabar Madura, Minggu (12/7/2020) malam.

Tak heran, dia di Uniba Madura mengajar Bahasa Inggris, yakni mata kuliah (makul) English 1 dan 2. Serta, dia juga mengajar Marketing Manajement, Business Ethics, dan Finance Manajement.

Diketahui, UNIBA Madura memiliki program pengantar bahasa Inggris di jam pertama setiap hari. Selain itu, kampus tersebut juga memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Speaking Club.

“Sejak Maret 2019, saya yang bahasa mengajar di UNIBA Madura. Saya mengajar English 1, English 2, Marketing Management, Business Ethics, Finance Management,” sambungnya.

Di samping berguna dalam jenjang karir, Humera menjelaskan, dengan mengetahui bahasa internasional, dirinya bisa membuat wawasannya kian luas. Serta, dia bisa memiliki relasi antarnegara.

“Sekarang Bahasa Inggris sangat bermanfaat. Selain untuk mengajarkan ilmu ke mahasiswa UNIBA, Bahasa Inggris juga memiliki sisi luar biasa di hidup saya yang hampir semua keluarga dan teman-teman ada di luar negeri semua,” tandasnya. (nam)

Komentar

News Feed