HUT RI ke-77 Desa Blaban, dari Semarak Lomba ke Katakan Tidak untuk Narkoba


HUT RI ke-77 Desa Blaban, dari Semarak Lomba ke Katakan Tidak untuk Narkoba
(KHAIRUL UMAM FOR KM.ID) MERIAH: Masyarakat Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar pada acara HUT RI ke-77 Agustus 2022 lalu.

KM.ID | PAMEKASAN -- Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, menggelar lomba Keasrian Dusun, Sabtu (13/8/22).

Pada momentum tersebut juga digelar serangkaian lomba lain. Di antaranya; gerak jalan; lomba futsal, lomba tarik tambang dan lomba karaoke.

Selain itu, ada juga lomba fashion show, lomba mewarnai, lomba kreasi tumpeng dan lomba balap karung. HUT RI ke-77 ini ditutup dengan upacara seremonial kemerdekaan.

Camat Baturmarmar R Muhammad Lutfi, dari unsur Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan dan sejumlah perangkat Desa Blaban turut hadir memeriahkan acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, R Muhammad Lutfi--yang juga menjadi juri kegiatan tersebut--menuturkan, kegiatan untuk menyemarakkan HUT RI harus digelar sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan.

"Ini luar biasa, dan mudah-mudahan keluarbiasaan ini tidak hanya pada saat memeringati HUT RI, tapi juga dalam hal lain yang mengarah pada kemajuan desa," ungkapnya.

Dia juga menuturkan, bahwa status Desa Blaban sudah beralih dari Desa Berkembang ke Desa Maju berdasar pada data Indeks Desa Membangun (IDM) Kemendes PDTT RI.

"Semoga tahun selanjutnya bisa menjadi desa mandiri yang berdaya saing. Dengan syarat semua elemen harus ikut serta dalam membangun desa," terangnya.

Dia juga berharap, para pemuda lebih banyak berperan. "Hindari hal-hal yang berbau negatif utamanya narkoba. Kembangkan diskusi dan musyawarah agar pembangunannya lebih terarah lebih baik lagi," pesannya.

Ke depan, kata Lutfi, kegiatan peringatan HUT RI ini bisa lebih meriah dan bisa membawa peran serta masyarakat yang lebih aktif lagi.

Reporter: M. Arif

Redaktur: Ongky Arista UA