oleh

IAIN Madura Lahirkan Pemimpin di Semua Lini Sosial

Kabarmadura.id/Pamekasan-Keberhasilan institusi perguruan tinggi dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian akan terlihat dari peran sosial lulusannya. IAIN Madura mampu melahirkan lulusan yang berperan aktif di berbagai  lini.

Dua pucuk pimpinan lembaga politik tinggi di Pamekasan, saat ini dipimpin oleh alumni IAIN, Yakni, Fathorrahman.Alumni tahun 2000 itu, kini menjabat sebagai ketua DPRD Pamekasan. Sementara di kursi eksekutif, ada Raja’e di angkatan 1998 yang berhasil dipercaya sebagai wakil bupati Pamekasan.

Rektor IAIN Madura saat ini, Mohammad Kosim, juga tercatat sebagai warga asli IAIN Madura. Dia tercatat lulus tahun 1992,  saat masih bernama Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel.

Peran lulusan IAIN Madura juga terlihat di berbagai daerah.  Para alumni IAIN memiliki wadah Ikatan Alumni IAIN Madura. Organisasi alumni terlembaga di berbagai daerah dan di tingkat pusat.

Di tingkat pusat diberi nama Dewan Pengurus Pusat (DPP) IKA IAIN dengan ketua Ismail S.H.I,  lulusan tahun 2004 yang saat ini mendapatkan kepercayaan sebagai ketua Komisi III DPRD Pamekasan.

Di bidang pendidikan dan penelitian kampus di Direktorat perguruan Tinggi Agama Islam(Diktis) sekaligus Dewan Riset Daerah Pemkab Pamekasan, ada Moh. Wardi.Alumni IAIN Madura tahun 2007 itu, saat ini mengabdikan diri sebagai tenaga pendidikan di salah satu kampus, serta peneliti pendidikan.

Selain menelorkan alumni yang mengabdi di bidang kepemimpinan, juga terdapat lulusan IAIN Madura yang jadi pengacara sukses, Sulaisi Abdurrazaq.Kiprah alumnus tahun 2007itu, saat ini mendudukijabatan ketua Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) IAIN Madura.

Sejatinya, catatan serangkaian sukses para alumni IAIN Madura di berbagai bidang sangat beragam. Utamanya, mereka yang berperan sebagai pendidik, pengusaha dan juga sebagai pemimpin desa.

“Terpenting, dari proses pendidikan yang telah dijalani di IAIN Madura, alumni mampu berperan dengan baik dan memberikan efek positif di tempat mereka mengabdi. Kami selalu jalin silaturrahmi dengan para alumni lainnya, dan kami sangat mendorong IAIN Madura bisa ditingkatkan lagi menjadi UIN,” ungkap Ismail, ketua DPP IKA  IAIN Madura. (ito/bri/waw)

Wakil Bupati Pamekasan Raja’e

“IAIN Madura harus tetap menjadi perguruan tinggi yang berkiprah dalam segala hal. Sebagai alumni IAN Madura, saya bangga karena kampus itu  bisa melahirkan generasi yang hebat, cerdas, membanggakan bangsa, agama, serta membawa perubahan untuk kemajuan Pamekasan yang hebat sesuai harapan bersama,”

Ketua DPRD Pamekasan Fathor Rohman,

Saya sangat bersyukur sekali menjadi Alumni IAIN Madura, dan bangga menjadi bagian dari IAIN Madura karena IAIN Madura merupakan almamater yang harus kami Junjung tinggi. Tidak sedikit para alumni IAIN yang dalam penilaian kami menjadi orang-orang yang berguna bagi masyarakat,  bagi nusa bangsa dan agama. Selamat milad ke-54 bagi IAIN Madura tercinta,”

Ketua IKA IAIN Madura dan Ketua Komisi II DPRD Pamekasan, Ismail

”Selamat hari lahir IAIN Madura yang ke 54, Saya bangga sekali sebagai alumni IAIN Madura  yang dulunya bernama STAIN.Sebagai alumni apa yang telah kami dapatkan selama menempuh pendidikan perkuliahan di IAIN Madura ini sangat banyak sekali yang kami dapatkan sesuai visi dari IAIN Madura yakni religius dan kompetitif. Semoga  IAIN terus dipercaya dan menjadi UIN,” (ito)

Dewan Riset Pemkab Kabupaten Pamekasan, Moh Wardi

“Harapan, solidaritas internal di civitas akademika makin ditingkatkan. Progress selanjutnya pemantapan menuju UIN merupakan gagasan yang luar biasa, serta percepatan guru besar bagi dosen IAIN yang memenuhi kaulfikasi akademik. Selamat hari lahir IAIN Madura yang ke 54,semoga tetap selalu Jaya dan selalu mendapatkan perlindungan dari Allah subhanahu wa ta’ala,”

Ketua DPW APSI Jatim, Sulaisi Abdurrazaq

“Lulusan IAIN utamanya di bidang pengabdian hukum agar menyentuh, mampu menjadi hakim, panitera, mediator bersertifikat maupun advokat. Baik di fakultas Hukum Ekonomi Syariah (Heks), maupun fakultas Syariah, jurusan Al-Ahwal Al-Syakhshiyah, selamat Milad ke 54 Kampus tempat kami menimba ilmu,”

Baca juga Selamat Milad ke-54 IAIN Menuju UIN Madura

 

 

 

Komentar

News Feed