IAIN Madura Luncurkan IMTV, Jadikan Ruang Kreatif Konten Digital Religius

  • Whatsapp
(FOTO: IAIN Madura for KM) TERUS BERPACU: Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim inginkan IMTV sebagai media kampus yang bisa memberikan informasi mencerahkan.

KABARMADURA.ID;PAMEKASAN-Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura Mohammad Kosim Pamekasan meluncurkan IAIN Madura Televisi (IMTV), Rabu (6/10/2021). IMTV didirikan untuk menfasilitasi dan mengasah kreativitas mahasiswa dalam bentuk konten digital.

Berlokasi di Laboratorium Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FAUD) IAIN Madura, konten video berbasis kanal YouTube itu langsung meluncurkan tayangan perdana berupa bincang santai dengan narasumber utama Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim.

Mohammad Kosim menjelaskan, IMTV sebagai salah satu upaya kampus dalam memberikan ruang kreasi konten digital kepada para mahasiswa. Dengan begitu, dia menargetkan mahasiswa bisa mengeksplorasi bakat yang melekat padanya, namun sesuai dengan nilai-nilai etika kampus.

“Sesungguhnya kami sudah lama dengan para pimpinan untuk mendirikan TV kampus, untuk menjadi wadah bakat dan minat mahasiswa, menjadi media informasi, media dakwah dan keinginan itu semakin kuat ketika mendirikan Prodi Baru, Komunikasi Penyiaran Islam (KPI),” paparnya saat bincang santai yang dipandu oleh Esa Arif, salah satu dosen IAIN Madura.

Alasan kuat lainnya, karena majunya teknologi digital, sehingga sebagai kampus Islam negeri satu-satunya, perlu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan tersebut, sehingga mahasiswa KPI yang memang dibentuk untuk melek dunia digital, bisa terfasilitasi dengan baik.

“Sebenarnya ini menjadi wadah bakat dan minat, utamanya bagi mahasiswa KPI, agar keahliannya bisa terasah dengan baik,”urainya.

Jika melihat sejarah, IAIN Madura pernah punya radio, kemudian dengan perkembangan teknologi yang terus dituntut untuk berinovasi, maka muncullah IM TV, sebagai media visual utama kampus dalam menyiarkan dan menginformasikan kepada masyarakat umum.

“Masyarakat dengan mudah memahami, informasi terkini dari kampus IAIN Madura, tentunya bisa menjadi media dakwah yang toleran, menghormati keberagaman” ulas Mohammad Kosim.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *