IAIN Madura Sukses Gelar Wisuda secara Daring

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) OPTIMIS:Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura Mohammad Kosim komitmen terus pacu kompetensi lulusannya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat.

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menggelar Wisudawan Sarjana ke-28 dan Wisuda Pasca Sarjana ke-8, Kamis (22/10/2020).Kedati digelar secara daring,wisuda tetap berlangsung khidmat.

Dalam sambutanya, Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim menekankan kepada para wisudawanuntuk terus bisa berkhidmat untuk kepentingan umat, sehingga bisa bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Wisuda ini sempat tertunda akibat datagnya wabahCovid-19. Namun Kosim meyakini, tidak mengurangu esensi dari nilai-nilai perjuangan untuk menuntaskan prosesnya di kampus Islam negeri satu-satunya di Madura ini.

“Kami mohoh maaf atas keterlambatan pelaksanaan wisuda, karena menunggu situasi Covid-19, dan meunggu kebijakan dari pusat.Mestinya pada bulan Jjuli lalu. Wisuda kali ini tidak bisa dilaksanakan seperti biasanya, karena dalam situasi Covid-19,”ungkapnya, Kamis (22/10/2020).

Selain mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati, Kosim juga memiliki harapanbesar agar ilmu yang telah didapat di IAIN Madura bisa menjadi pintu pembuka untuk mengabdi kepada masyarakat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

“Terpenting, setelah wisuda bisa memberikan mamnfaat yang besar kepada masyarakat sekitarnya, dan hubungan dengan kampus tidak terputus, jadikan ikatan alumni sebagai media silaturrahim, media informasi dan komunikasi,”urainya.

Momentum sakral tersebut juga dibarengkan dengan Hari Santri Nasional atau 22 Oktober 2020.Tujuannya untuk  meneladani perilaku santri yang tak pantang menyerah belajar dan identik dengan akhlaq yang baik.

“Artinya apa tidak selesai belajar dibangku kuliah, tetapi belajar dimanapun dan kapanpun, dan kepada siapapun, itu yang dilakukan santri,”ulasnya.

Menurutnya, santri merupakan orang yang biasanya selalu taat untuk ibadah serta mempunyai semangat kesederhaanaan yang selalu terefleksi dengan bijaksana dalam kesehariannya, karena lulusasn IAIN Madura bisa berperilaku santun, sederhana dan taat beribadah.

“Bahwa semangat ibadah, semangat belajar, dan semangat kesederhanaan menjadi kunci kita dalam kehidupan sehari-hari,”pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat 527 mahaiswa diwisuda. Mereka berasal dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) 47 orang, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 6 orang, Tadris Bahasa Inggris (TBI) 54 orang, Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 47 orang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 66 orang, Pendidikan Islam Anak Usia Dini 21 orang, Tadris Bahasa Indonesia 20 orang, BImbingan dan Konseling Pendidikan Islam 33 orang, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial 9 orang, Ahwal Al Syakhsiyah 20 orang, Hukum Ekonomi Syariah 26 orang, Ekonomi Syariah 27 orang,Akuntansi Syariah 32 orang, Perbankan Syariah 62 orang, Ilmu Al Qur’an dan Tafsir 1 orang, Komunikasi dan Penyiaran Islam 13 orang, dan Magister Pendidikan Agama Islam 43 orang. (rul/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *