oleh

IAIN Madura Targetkan Akreditasi Unggul di Tahun 2024

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura terus berbenah dari sisi kualitas. Tahun 2024 sudah ditarget meraih akreditasinya paling unggul.

Untuk proyeksi tersebut, satu-satunya kampus Islam negeri di Madura ini me-launching sekretariat International Organization for Standardization (ISO) Rabu (26/8/2020). ISO itu sekaligus menjadi penopang untuk mewujudkan target itu.

Rektor IAIN Madura Mohammad Qosim yang diwakili oleh Ketua Lembaga Penjaminan Moto (LPM) IAIN Madura Syaiful Hadi, ISO merupakan badan penetap standar internasional, yang terdiri dari wakil-wakil setiap negara untuk mengukur mutu organisasi yang ingin bersaing di kancah global.

“Launching ISO ini dalam rangka memperkuat institusi pengelolaan IAIN Madura berbasis ada budaya mutu secara sistemik menggunakan pedoman ISO 21.001 tahun 2018,” ungkapnya.

Dalam perjalanan ke depan, atau yang menjadi leading sektor dari suksesi target itu, akan dikomandoi oleh LPM IAIN Madura, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi sekaligus penggalian dan pengembangan.

“Bahwa ada pengelolaan kelembagaan berbasis pada mutu, jadi mengacu pada ketentuan pada ISO itu, sehingga mutunya jelas, ada kebijakan mutu dan ada sasaran mutu yang ingin dicapai, pada tahun 2024, IAIN Madura bisa mencapai akreditasi unggul,” tuturnya.

Untuk suksesi tersebut, pihaknya juga bekerja sama dengan LPM UIN Maliki dalam rangka pendampingan, penguatan semua unsur yang terlibat dalam perguruan tinggi, yaitu untuk di tingkat institusi bagian rektorat dan unsur di unit penyelenggara program studi yang secara bersama-sama melakukan perubahan ke arah budaya mutu.

“Yang orientasinya terjadi continue quality improvement (peningkatan kualitas berkelanjutan) mulai dari top leader, middle leader, sampai pada grass road,”jelasnya.

Implikasi dari adanya ISO itu, jabarnya, layanan akademiknya diharapkan sudah bisa bersaing di kancah internasional, begitu pula intelektualitas mahasiswa dan alumninya bisa bersaing dengan berbekal kompetensi yang sudah dimiliki.

“Yang paling penting adalah alumninya dapat bersaing dengan lulusan lain dari berbagai daerah atau kota,” pungkasnya. (rul/waw/*)

 

Komentar

News Feed