Ibu Hamil Peserta PKH Dapat Bantuan Rp2,4 Juta

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/SUMENEP–Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep menyampaikan bahwa ketentuan bantuan program keluarga harapan (PKH) di wilayah paling timur pulau garam ini untuk tahap tiga telah direalisasikan termasuk komponen ibu hamil. Namun realisasi tersebut hanya menyasar ke kelompok penerima manfaat (KPM)

Kepala Dinsos melalui koordinator PKH Agus Budi Mulyono menjelaskan, memang ada beberapa komponen dalam kepesertaan, salah satunya adalah ibu hamil. Tetapi memang secara mekanismenya bantuan tersebut langsung terakomadasi pada KPM tersebut.

“Sekitar Rp2,4 juta, memang sudah ada rumusnya terkait itu. Juga sudah terakumulasi oleh sistem dari berbagai komponin itu, itu masuk ke ATM langsung, ya include bersama bantuan lainnya setiap tahapnya” katanya Selasa (17/9).

Lebih lanjut Agus menjelaskan, ada ada tiga komponen yang mendapatkan bantuan sosial melalui jalur PKH, di antaranya komponen kesehatan, pendidikan, dan lanjut usia (lansia) serta disabilitas.

Selain itu terkait penerima tidak ada jumlah secara detail, karena memang  yang mendapatkan bantuan komponen kesehatan kategori hamil adalah KPM PKH yang dalam realitanya memang kondisi hamil, tetapi ibu hamil yang tidak terjaring dalam kepesertaan KPM tidak akan mendapatkan bantuan PKH.

Ia juga menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan komponen kesehatan kategori hamil adalah KPM PKH yang memang realitanya dalam kondisi hamil.

“Mekanisme penyalurannya setelah divalidasi dan diverifikasi maka selanjutnya datanya dikirim ke kemensos untuk selanjutnya diterbitkan sp2d untuk penyaluran bansosnya,” imbuhnya.

Data terbaru atau tahap 3 tahun 2019 penerima PKH berjumlah dari awalnya berjumlah 63.353 kelompok penerima manfaat (KPM) berubah menjadi 62.40 KPM. Artinya ada perubahan meskupun tidak terlalu signifikan. Tetapi secara spisifik ke ibu hamil pihaknya masih belum bisa menyebutkan data validnya. (ara/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *