oleh

IKM Mapusi di Pamekasan Manfaatkan Bahan Dasar Lokal

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Industri kecil menengah (IKM) Madura Punya Slera  (Mapusi) merupakan jenis usaha kecil yang menggunakan bahan dasar lokal. Yakni, bahan yang mudah diperoleh di daerah tempat IKM tersebut bereproduksi. Sejak dirintis tahun 2009 lalu, bahan dasar yang dijadikan sebagai pengolahan bisa dijumpai di daerah Branta Pesisir Kecamatan Tlanakan.

Sedangkan, untuk produk yang sudah diolahnya beraneka ragam, mulai dari sale pisang, ikan krispi, aneka frozen yang berbahan dasar ikan, seperti sosis, nugget, dan bakso. Melalui bahan baku tersebut mampu memperoleh keuntungan yang cukup besar. Hal ini diungkapkan Owner IKM Mapusi Nor Kholis, Minggu (02/5/2021).

Menurutnya, kegigihan berwirausaha berawal dari masa kuliah tahun 2008-2009 dengan menjual produk olahan keluarga sale pisang.  Dari hal itulah, dia menilai  jiwa entrepreneur bisa terasah. Selain menjual produk keluarga, juga menjual produk olahan orang lain yang bisa memperoleh keuntungan.

“Akhirnya saya terbiasa dan merasa nyaman dengan aktivitas tersebut, Kemudian, mencoba untuk memulai produk olahan secara mandiri, hingga akhirnya  bisa memperoleh omset setiap bulannya berkisar pada angka 5-7 juta per bulan,” ujarnya.

Diakuinya, untuk kunci suksesnya dalam berusaha, yakni secepatnya memulai usaha yang ingin dikembangkan. Dengan demikian, bisa diketahui kekurangan dan kelebihan dari jenis usaha tersebut. “Buat yang ingin berbisnis, mulai aja dulu, jangan mikirin ribetnya, jangan mikirin tidak mempunyai modal, jadi mulai aja dulu, jangan mikir baru jalan,” jelasnya.

Pihaknya menegaskan, untuk pengembangan produknya sudah mendapat pendampingan dari pemerintah kabupaten, mulai dari desain kemasan, cara pemasaran, dan pengurusan izin, serta lain sebagainya. Sehingga dinilai, peluang tersebut harus segera dimanfaatkan secara maksimal. “Pasti ada jalan, yang penting punya keinginan,” tukasnya. (rul/ito)     ​

 

Komentar

News Feed