Ilegal, Tambak Udang di Pakandangan Barat Kembali Beroperasi

  • Whatsapp
MOKONG: Tambak udang ilegal di Desa Pakandangan Barat kembali beroperasi setelah beberapa bulan lalu ditutup paksa.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Tambak udang di Desa Pakandangan Barat Kecamatan Bluto, Sumenep, Jawa Timur kembali beroperasi setelah sempat berhenti pasca ditutup oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep lantaran tidak berizin.

Kepastian kembali beroperasinya tambak udang ilegal tersebut, setelah Front Komunikasi Mahasiswa Sumenep (FKMS) mendatangi tambak udang tersebut, lalu diketahui masih terjadi aktivitas di tempat reklamasi pantai secara besar-besaran tersebut.

“Kami mendatangi langsung kawasan tambak udang tersebut, ternyata benar sudah beroperasi kembali karena nampak beberapa pekerja yang sedang beraktivitas,” ujar Ketua FKMS Moh Sutrosno, Jumat (29/5/2020).

Terhadap tambak udang ilegal yang kembali beroperasi itu, FKMS bertanya-tanya kemungkinan izin tambak itu.

Namun di sisi lain, pihaknya meyakini bahwa tambak udang itu hingga saat ini belum mengantongi izin.

Sebab menurut perkiraannya, tidak mungkin tambak udang itu mendapatkan izin. Sebab tambak itu sudah melanggar aturan, lantaran reklamasi pantai secara besar-besaran itu juga disinyalir tidak mengantongi izin.

“Tidak mungkin Pemkab Sumenep mengeluarkan izin, karena telah terjadi reklamasi besar-besaran. Kalau sampai pemkab mengeluarkan izin, berarti ada oknum yang nakal,” tandasnya.

Kembali beroperasinya tambak ilegal tersebut, Pemkab Sumenep diminta untuk aktif memantau tambak ilegal dan tidak duduk di balik meja.

Kemudian dengan tegas memberikan teguran dan tindakan sebagaina diatur dalam regulasi.

Sebab dinilai, pemilik tambak itu telah mokong dan melawan aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Pemkab harus aktif memantau, jangan setelah memasanf banner larangan beroperasi, kemudian santai tanpa dosa tidak memantau tambak tersebut. Akibatnya, kecolongan seperti saat ini, tambak kembali beroperasi,” paparnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumenep Kukuh Agus Susyanto memastikan bahwa tambak udang di Desa Pakandangan Barat Kecamatan Bluto itu belum memiliki izin.

Sebab pihaknya, kata Kukuh, sampai saat ini belum pernah merasa mengeluarkan izin beroperasinya tambak tersebut. Pihaknya juga tidak mengetahui, kalau tambak tersebut beroperasi kembali.

“Tambak itu sempat mengajukan izin dan sampai sekarang masih dalam proses,” katanya. (ong/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *