Imbas Covid-19, Ibadah Ramadan Disarankan Dilakukan di Rumah

  • Whatsapp
(KM/FA'IN NADOFATUL M.) KHUSYUK: Jamaah berdoa usai melakukan salat di Masjid Syailkhona Cholil.

Kabarmadura.id/Bangkalan-Belum berakhirnya masa darurat wabah Covid-19, dipastikan bakal berimbas pada kegiatan ibadah di Ramadan yang akan jatuh pada akhir bulan April.

Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan edaran agar mengenai kegiatan ibadah selama Ramadan untuk dilakukan di rumah saja.

Bacaan Lainnya

Dalam Surat Edaran (SE) Nomor 6 Tahun 2020 Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1441 H atau 2020 tersebut, salah satu isinya, imbauan kepada umat Islam untuk beribadah selama Ramadan dengan ketentuan fiqih ibadah. Kemenag meminta tidak ada pelaksanaan sahur on the road selama wabah.

“Sesuai surat edaran dari kementerian, karena adanya pandemi ini, saya imbau masyarakat Bangkalan untuk tetap melakukan kegiatan ibadah di rumah saja selama bulan Ramadhan nanti,” kata Kepala Kemenag Bangkalan Abd. Haris.

SE tersebut juga telah diteruskan kepada kepala KUA dan seluruh penyuluh agama Islam, baik yang PNS maupun nonPNS. Haris juga mengak, sudah berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangkalan dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) di wilayah masing-masing.

“Hasil pantauan kami, saat ini para penyuluh juga sudah ada yang ikut mensosialisasikan edaran ini ke masyarakat,” ujarnya.

Haris meminta masyarakat untuk melakukan buka puasa sendiri atau hanya boleh bersama keluarga inti. Serta tidak melakukan sahur on the road seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dalam Se tersebut juga berisi panduan tentang ibadah saat bulan suci Ramadan, dan saat hari raya Idul Fitri. Selain itu, juga panduan pengumpulan dan penyaluran zakat.

“Bugitu juga dengan sholat tarawih dan tadarusan bisa dilakukan di rumah masing-masing, tidak harus ke masjid atau musala,” terangnya.

“Karena seluruh institusi, baik pemerintah maupun lembaga keagamaan sudah mengeluarkan seruan sesuai tupoksinya. Jadi saya harap masyarakat bisa mematuhinya. Karena ini demi kebaikan kita bersama,” pungkasnya. (ina/waw)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *