oleh

Imtihan Gelar Jogetan Diancam Pencabutan Izin

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Kementerian Agama (Kemenag) Sampang mengancam akan mencabut izin operasional lambaga pendidikan madrasah, jika melaksanakan acara haflatul imtihan dengan hiburan atau jogetan. Sebab, jenis kegiatan tersebut dinilai mencederai pesan moral dari lembaga itu sendiri.

Menyikapi adanya acara imtihan dengan hiburan, Kepala Kemenag Sampang Pardi menyampaikan, ke depan akan mengeluarkan surat imbauan tentang larangan menggelar kegiatan tidak senonoh itu.

Selain itu, meminta semua simpatisan serta pengasuh untuk berperan aktif memantau kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, utamanya berkaitan hiburan. Sebab, hiburan tersebut sangat rentan berdampak negatif.

“Menyikapi kejadian tahun lalu, maka kami akan mengeluarkan surat imbauan, agar tahun ini tidak ada kejadian serupa,” tuturnya, Minggu (28/3/2021).

Jika ada madrasah yang masih berani melaksanakan jogetan tidak senonoh tersebut, maka diancam akan dicabut izin operasionalnya. Namun, sebelum dicabut, diberi imbauan dan teguran terlebih dahulu.

Pihaknya menyayangkan terjadinya tindakan yang mencederai pesan moral bagi madrasah. Karena, baginya madrasah itu harus menyuguhkan kegiatan dengan kultur islami dan itu harus dilakukan pada acara apapun.

“Sebelum dicabut, kami akan melakukan pengkajian dan memberikan teguran tertulis jika dilakukan lagi kami akan mencabut izin operasional lembaga,”tegasnya.

Sedangkan soal kegiatan di tengah wabah Covid-19 ini, menurutnya boleh dilaksanaka, namun harus menerapkan protokol kesehatan (protkes), yakni mencegah terjadi kerumunan. Namun, untuk sekolah yang tidak menerapkan protkes, sanksinya dipasrahkan kepada aparat keamanan.(

“Semua prokes harus diterapkan, dan itu sesuai dengan proses pengajuan izin pelaksanaan kegiatan,” pungkasnya. (mal/waw)

Komentar

News Feed