Ingatkan Seleksi Direksi BUMD Perseroda Hindari Calon Pesanan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) MAHMUDI: Anggota Komisi A DPRD Bangkalan

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Proses seleksi direksi definitif Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perseroda Sumber Daya masih tahap persiapan. Merespon hal itu, anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Mahmudi mengingatkan bahwa seleksi harus dilakukan secara transparan dan independen.

Katanya, jika sesuai dengan aturan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD. Seleksi direksi Perseroda Sumber Daya harus sama-sama memajukan dan mengelola keuangan di BUMD. Juga bisa melakukan menajerial perusahaan daerah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Juga yang paling penting, pemilihannya nanti tidak boleh ada keterkaitan hubungan keluarga tingkat ke atas, ke bawah maupun ke samping,” pesannya, Minggu (22/8/2021).

Lanjut Mahmudi, direksi yang dipilih nantinya harus tidak boleh ada keterkaitan keluarga dengan bupati Bangkalan sebagai pemegang saham tertinggi di BUMD. Sebab, hal itu sudah jelas diatur dalam PP tersebut. Dia juga menegaskan, calon pelamar untuk menduduki jabatan direksi Perseroda Sumber Daya tidak boleh merangkap jabatan lainnya.

“Jadi kalau mau jadi direksinya BUMD ya hanya di BUMD, di Perseroda Sumber Daya. Jangan merangkap-rangkap komisaris atau merangkap jabatan lainnya. Ya tidak bisa,” tuturnya mengenai jabatan direksi proses seleksinya nanti.

Kendati direksi bisa diangkat dari pegawai atau kepala organisasi perangkat daerah (OPD), tapi, dia berharap, direksi definitifnya nanti tidak merangkap di jabatan lainnya. Sebab, sebagai pemimpin harus bisa maksimal dalam mengelola perusahaannya, dengan fokus sesuai tugas pokok dan fungsi dalam perusahaan.

“Kalau nanti masih seperti itu bisa jadi ada kepentingan-kepentingan. Jadi untuk rekrutmen harus transparan, selama ini publik sudah mengetahui belum. Kalau sembunyi-sembunyi berarti ada yang ditutup-tutupi” tuturnya.

Untuk itu, dia meminta agar rekrutmennya bisa transparan dan masyarakat bisa mengetahuinya. Selain itu, kriteria yang harus dipenuhi sebagai direksi menurutnya harus mampu melakukan manajerial perusahaan. Jangan sampai, kata dia, perusahaan daerah disebut dikelola berdasarkan apa kata bupati maupun by request.

“Jangan berdasarkan pemesanan apa yang akan dikerjakan di dalam perusahaan nanti. Kalau seperti itu tidak bisa, tidak bisa maju-maju nanti BUMD,” papar anggota Fraksi Hanura tersebut.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Perseroda Sumber Daya Moh. Fahri menyampaikan, sejauh ini proses rekrutmen direksi Perseroda Sumber Daya masih tahap penentuan panitia seleksi (pansel). Panitia intinya akan berasal dari bagian perekonomian Setkab Bangkalan direksi sementara BUMD.

Dalam pansel akan ada 5 orang yang bertugas sebagai penyaring para pendaftar. Para pendaftar yang lolos harus memenuhi kriteria sebagai pimpinan Perseroda Sumber Daya.

“Yang jelas panselnya nanti ada dari lima orang, mungkin bulan depan akan kami segera lelang kekosongan direksinya,” tandasnya. (ina/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *