oleh

Ingin Lebih Dekat dengan Suporter, Ronaldo Kwateh Belajar Bahasa Madura

KABARMADURA.ID – Penyerang muda Madura United Ronaldo Kwateh tiba-tiba tertarik untuk belajar Bahasa Madura. Keinginannya itu muncul karena sering melihat skuad Madura United yang berbicara menggunakan Bahasa Madura..

Diketahui, tidak hanya putra daerah yang bisa berbicara Bahasa Madura di tim berjuluk Laskar Sape Kerrab itu. Namun sejumlah pemain sudah mulai lancar, serta kerap kali mempraktekkannya, seperti Slamet Nurcahyo, Fachrudin W Aryanto, dan Asep Berlian. Bahkan, pelatih kiper Hendro Kartiko sudah biasa berkomunikasi menggunakan bahasa daerah ini, terutama saat bersama pemain yang mahir berbahasa Madura.

Kendati sudah terpikat, Ronaldo mulai belajar Bahasa Madura ke winger keturunan Pamekasan Moch Kevy Syahertian sejak Rabu (7/4/2021). Dia diajari oleh Kevy hal yang rigan, seperti berhitung, kata ganti, dan kosa kata sehari-hari, seperti ngakan (makan), mangkat (berangkat, dan sebagainya).

Ronaldo juga menuntut dirinya bisa berbahasa Madura. Sebab, dia bermain untuk tim yang berbasis di Pulau Garam itu. Menurutnya, itu bisa menjadi tambahan skill berbahasa, sebab bomber keturunan Afrika itu sudah mahir berbahasa Jawa. Bahkan, logatnya sudah terbentuk.

Ditambah lagi, putra bintang sepak bola Indonesia Roberto Kwateh ini juga ingin berinteraksi dengan suporter menggunakan Bahasa Madura, agar bisa lebih dekat.

“Memang harus tahu berbahasa Madura, karena saya main di Madura United. Bagusnya, saya bisa lebih dekat dengan suporter,” kata Ronaldo kepada Kabar Madura.

Usai mengajari Ronaldo, Kevy memberikan penilaian, tidak butuh lama bagi rekan setimnya itu untuk belajar Bahasa Madura. Lantaran, semangatnya sangat tinggi. Namun, dia menyarankan, gairah belajar itu terus dijaga hingga bisa Bahasa Madura.

“Harus terus menjaga semangatnya, kalau ingin bisa berbahasa Madura,” tandasnya. (idy/maf)

Komentar

News Feed