Ingin Uang Rp4 M Kembali, Anggota KPRI Bhinneka Karya Sepakat Tempuh Perdata

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) BERHARAP UANG KEMBALI: Beberapa anggota KPRI Bhinneka Karya melakukan rapat bersama tim penyelesai KPRI Bhinneka Karya yang dibentuk anggota.

KABARMADURA.ID | PAMEKASANKasus dugaan penggelapan uang di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bhinneka Karya Pamekasan, selama ini dilaporkan ke Polres Pamekasan dengan tuduhan tindak pidana pencucian uang.

Bendahara KPRI Bhinneka Karya Bambang Irianto menjelaskan, alasan dilaporkan dengan dengan tuduhan tindak pidana pencucian uang, agar pihak kepolisian memeriksa harta kekayaan terlapor yang terlibat dalam kasus tersebut.

Sampai saat ini, Bambang masih masih menunggu selesainya proses hukum pidana yang dilaporkan. Setelah proses hukum selesai, rencananya akan menempuh jalur perdata. Seluruh anggota koperasi yang menjadi korban diminta untuk melengkapi beberapa berkas antara lain; KTP dan kartu tanda anggota.

“Kalau diperiksa semua kekayaan terlapor, nanti akan ketahuan uang koperasi digunakan untuk apa saja,” ujarnya.

Pengumpulan berkas tersebut untuk rencana menempuh jalur perdata nantinya. Sebelum menuntut secara perdata, telah disiapkan salah seorang pengacara asal Surabaya. Karena pada kasus perdata nanti akan memakan biaya, seluruh anggota bersedia untuk iuran guna pembiayaan proses hukum.

Selain itu, pihaknya juga akan menyurati Bank Jatim Pamekasan dan Bank BKE Surabaya. Surat tersebut guna mengonfirmasi bahwa kasus tersebut akan ditempuh ke jalur perdata. Sebab, koperasi sempat menggunakan uang dari dua bank tersebut.

Kendati begitu, Bambang optimis para pengurus KPRI Bhinneka Karya bisa mengganti semua kerugian anggota. Sebab, nilainya sangat besar, yaitu Rp4 miliar lebih. Sementara anggota yang menjadi korban berjumlah 300 orang lebih.

Sementara itu, pihak Polres Pamekasan telah memeriksa sejumlah terlapor terkait kasus tersebut. Namun, Bambang menyebutkan, ketua KPRI Bhinneka Karya belum diperiksa. Menurut Bambang, berdasar informasi dari pihak Polres, ketua KPRI Bhinneka Karya akan diperiksa dalam pekan ini.

“Katanya memang akan diperiksa terakhir ketuanya,” ucap Bambang.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *