Ini Batasan Usia Masyarakat yang Bisa dan Tidak Boleh Divaksin

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID, Pamekasan-Program vaksinasi di Indonesia sudah dimulai sejak 13 Januari 2021, ditandai dengan Presiden Jokowi menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19.

Saat ini, pelaksanaannya menggunakan vaksin Covid-19 produksi Sinovac, diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) serta petugas publik terlebih dulu.

Setelah itu, secara bertahap dapat dilakukan kepada masyarakat luas. Namun, terdapat sejumlah kelompok orang yang ternyata tidak boleh divaksin Covid-19.

Vaksin Covid -19 produksi Sinovac tidak dapat diberikan kepada orang-orang yang memiliki kriteria kesehatan atau riwayat medis tertentu, seperti pada ibu hamil atau menyusui, memiliki riwayat penyakit jantung, dan lainnya.

“Masyarakat yang mempunyai kriteria-kriteria tersebut tidak bisa disuntik vaksin sinovac,” terang Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan dr. Ahmad Marzuki. Itu sampaikan melalui Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Pamekasan Nanang Suyanto, Rabu (3/2/2021).

Pihaknya juga menjelaskan, vaksin Sinovac juga hanya bisa diberikan kepada masyarakat yang sudah berusia 18 hingga 59 tahun.

“Selain kriteria penyakit yang disebutkan, vaksin Sinovac juga tidak bisa diberikan kepada masyarakat yang di bawah 18 tahun dan di atas 59 tahun,” tambahnya.

Nantinya semua masyarakat yang bisa disuntik vaksin Sinovac masing-masing akan menerima dua dosis vaksinasi. Serta proses vaksinasi sendiri dicanangkan hingga satu tahun mulai dari Januari 2021 hingga Maret 2022.

“Itu sudah instruksi dari pemerintah pusat. Kita harus menyelesaikan vaksinasi dalam waktu satu tahun itu,” tambahnya.

Diterangkan, di Kabupaten Pamekasan sendiri vaksinasi ditargetkan kepada 558 ribu orang yang berusia 18 hingga 59 tahun.

“Sampai tadi malam proses vaksinasi alhamdulillah sudah mencapai 54 persen. Kami berharap semoga program vaksinasi ini terus berjalan lancar,” pungkasnya.

Reporter: Zubaidi

Redaktur: Anam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *