oleh

Ini Besaran Bantuan Disperindag untuk Labelisasi Produk Halal

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep menyebutkan, hanya 39 industri kecil dan menengah (IKM) yang mendapat bantuan labelisasi produk dengan anggaran Rp3.100.000 per IKM. Keseluruhan anggaran yang sengaja dikucurkan untuk labelisasi produk hingga mendapat sertifikat halal itu sebesar Rp120.900.000.

Kepala Bidang (Kabid) Industri Disperindag Sumenep Agus Eka Hariyadi menjelaskan, IKM yang berada di bawah naungan instansinya berkisar 2 ribu lebih, tetapi untuk tahun ini hanya 0,13 persen yang mendapatkan bantuan yang menitiktekankan kepada sterilisasi produk.

“Untuk tahun ini, ini masih data lama ya, IKM kita itu ada sekitar 28-30 ribu se-Kabupaten Sumenep, tetapi untuk yang sudah ideal atau sudah bisa mempunyai nilai produktivitas itu masih sedikit,” katanya, Rabu (6/11).

Pihaknya mengakui, tidak semua IKM mempunyai produk yang secara kualitas sudah terjamin, sehingga pihaknya masih harus terus melakukan pembinaan dan harus giat melakukan verifikasi atas IKM yang sudah menyebar.

“Pengurusan label itu ke MUI sebesar Rp3.100.000 per IKM, karena memang anggaraan kami juga terbatas. Tetapi IKM yang mempunyai produk yang bagus, pasti kami carikan cara untuk diprioritaskan,” imbuhnya.

 

Kendati demikian, ia tetap berharap agar seluruh IKM terutama yang berjumlah sekitar 28 ribuan, mengajukan permohonan untuk diberikan pelatihan atau bimbingan, karena yang diharapkan oleh pihaknya bukan banyaknya jumlah IKM

“Tetapi bagaimana IKM itu bisa membuka lapangan pekerjaan, dan membantu ksesejahteraan bersama,” pungkasnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed