Ini Perubahan Pilkades Serentak 2021 Dibanding Tahun Sebelumnya

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pamekasan Ach. Faisol, membeberkan beberapa hal yang perlu diperhatikan calon kepala desa (cakades). Yakni, yang akan maju pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2021.

Hal pertama, semua kandidat harus mempelajari kondisi objektif, masalah, serta potensi dan rekomendasi pembangunan desa, termasuk prioritas Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Kedua, calon kades dapat menggunakan prioritas SDGs Desa sebagai substansi visi dan misi pembangunan desa. Dengan begitu, warga desa bisa mencermati visi dan misi secara lebih tajam dan utuh.

“Cakades ini memang harus mencermati beberapa hal tersebut. Agar kondusivitas selama penyelenggaraan pemilihan tetap lancar,” terangnya, Rabu (17/2/2012).

Pihaknya menjelaskan, saat ini proses Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Pamekasan sendiri masih dalam proses penyusunan raperbup.

Hal itu untuk menindaklanjuti perubahan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) dan Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Pilkades Serentak 2021.

“Setelah itu, kami akan merencanakan segera rapat koordinasi dengan stakeholders yang memang menangani pilkades,” ucapnya.

Mengingat di tahun ini pelaksanaan pilkades serentak dihelat di tengah wabah Covid-19, maka ada sedikit perbedaan dari tahun sebelumnya.

“Yang membedakan hanyalah dari segi pencegahan penyebaran Covid-19. Itu sesuai Permendagri Nomor 72 Tahun 2020,” tambahnya.

Selain dari segi pencegahan, dari segi anggaran untuk pilkades serentak tahun ini juga mengalami perubahan.

“Dengan adanya wabah Covid-19 ini, ada perubahan dari segi anggaran. Di tahun ini ada penambahan anggaran untuk protokol kesehatan. Selain itu, tidak ada perubahan; mekanisme pemilihannya tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Reporter: Zubaidi

Redaktur: Anam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *