Ini Travel Umrah Madura yang Terkenal dengan Spesialis Ibu-Ibu Lansia


Ini Travel Umrah Madura yang Terkenal dengan Spesialis Ibu-Ibu Lansia
(FB NOVI KAMALIA) PENGUSAHA: Direktur PT. Enka Imron Mandiri Novi Kamalia.

KM.ID | PAMEKASAN -- Salah satu travel umrah di Madura, PT. Enka Imron Mandiri, terkenal dengan sebutan Spesialis Ibu-Ibu Lansia.

Sebutan itu muncul lantaran, PT. Enka Imron Mandiri ini menyediakan pendamping khusus bagi jemaah perempuan, terutama yang sudah lanjut usia (lansia).

Direktur Utama PT. Enka Imron Mandiri Novi Kamalia mengatakan, bahwa travelnya, diganderungi oleh lansia. Sehingga, perlu menyediakan pendamping khusus.

"Sejak saat itu travel saya terkenal dengan spesialis ibu-ibu lansia. Dan saya memang menyediakan pendamping khusus perempuan, agar bisa menangani permasalahan yang dialami jemaah, seperti menstruasi dan sebagainya," jelas Novi.

Doktor Ilmu Sosial itu menjelaskan, pendampingan khusus bagi perempuan ini hampir tidak ditemukan di travel lain.

Bahkan, kata Novi, bisa saja travelnya merupakan satu-satunya di Madura yang menyediakan pendamping perempuan.

"Jadi tidak malu kalau sudah sesama perempuan yang melayani," imbuh Dosen Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu.

Dia menerangkan, pada September 2022, PT. Enka Imron Mandiri memberangkatkan 50 jemaah umrah. Mereka akan melaksanakan ibadah umrah selama 13 hari.

Rinciannya, empat hari di Madinah dan tujuh hari di Makkah. Sementara tiga hari sisanya digunakan untuk pemberangkatan dan kepulangan jemaah.

Adapun 50 jemaah umrah tersebut, terdiri dari 30 jemaah asal Pamekasan, 12 jemaah asal Sumenep, enam jemaah asal Surabaya, satu jemaah asal Sampang dan satu jemaah asal Jakarta.

"Syarat umrah tahun ini mungkin agak berbeda, harus vaksin booster dan vaksin meningitis. Tapi tidak masalah, tidak memberatkan untuk jemaah," tegas pendiri Komunitas Sivitas Kotheka itu.

Reporter: M. Arif

Redaktur: Sule Sulaiman