Inilah Objek Wisata yang Dikelola Pemkab

  • Whatsapp
TERCEMAR: Laut di sekitar Pantai Lombang ditemukan tercemar oleh warga setempat.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep memiliki sejumlah destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan. Namun, hanya sedikit di antaranya yang dikelola langsung oleh pemkab.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep Carto mengutarakan, hingga saat ini masih belum ada objek wisata tambahan yang bakal dikelola pemerintah. Sebab, masih kekurangan anggaran.

“Saat ini masih belum ada tambahan pengelolalan objek wisata,” katanya, Kamis (25/9).

Dijelaskan, saat ini yang dikelola pemerintah adalah Museum, Pantai Lombang, Slopeng, dan Waduk Kermata. Sementara sisanya masih dikelola swasta atau pemerintah desa, sehingga tidak bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD). Padahal, di beberapa destinasi wisata yang dikelola pemerintah, ditarik retribusi dan parkir senilai Rp5.000 per pengunjung.

Saat ini kata Carto, pihaknya hanya mensupport dan memberi dukungan dan bantuan pelayanan agar meraka lebih maju. Menurutnya yang terpenting keberadaan destinasi wisata dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Misalnya, dengan berjualan di lokasi wisata.

Disinghung tentang PAD dari sektor pariwisata, ia mengaku sudah mencapai target.

“PAD saat ini sudah terlampaui, target PAD Rp425 juta saat ini sudah mencapai Rp500 juta,” ujarnya.

Sementara itu anggota DPRD Kabupaten Sumenep Akis Jazuli mengutarakan, objek wisata Sumenep harus dimaksimalkan, dengan begitu masyarakat dapat merasakan keindahan wisata. Dia berharap agar objek wisata semakin maju. Bahkan, dapat dikunjungi banyak orang.

“Semoga objek wisata dikenal banyak orang hingga kancah internasional,” pungkasnya. (imd/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *