Inilah Potret Toilet SD Senilai Rp120 Juta

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) MEMANTAU: Kepala Sekolah SDN Kemayoran 2 Hoti'ah saat melihat proses pembangunan toilet di sekolahnya yang nilainya mencapai Rp120 juta.

KABARMADURA.ID;BANGKALAN-Empat toilet sekolah dibangun dengan dana senilai Rp120 juta.  Anggaran proyek di SDN Kemayoran 2 Bangkalan tersebut, masih dikerjakan. Sejatinya, sekolah tersebut membutuhkan 8 unit toilet, karena memiliki 291 siswa.

Kepala Sekolah SDN Kemayoran 02 Hoti’ah mengaku tidak tahu menahu detail mengenai pembangunan toilet yang anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD Bangkalan 2021 tersebut. Alasannya, kontraktualnya dengan pihak ketiga diatur oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan.

“Saya tidak tahu jelasnya, tapi memang benar ada pembangunan toilet,” katanya.

Sekolah juga hanya menyediakan lahan untuk pembangunan toilet. Hoti’ah mengaku, hanya akan menerima kunci saat bangunan sudah selesai.

Empat toilet tersebut dibangun tanpa bak mandi.Ukurannya 8×4 meter dan dalam satu atap. Dua toilet putra dan dua toilet Putri. Masing-masing ruang disediakan closet.

“Ini memang bisa terbangun 4 kamar toilet, dan bagi saya itu belum ideal,” sebutnya.

Hoti’ah mengakui bahwa jumlah toilet yang dibangun memang belum ideal, sebab jumlah siswa di SD tersebut sebanyak 291 siswa. Idealnya, diperkirakan butuh 8 toilet. Sehingga masih kurang sekitar 4 toilet lagi. Dengan begitu, dia berencana mengajukan lagi setelah mendapatkan bantuan pembangunan ruang kelas baru (RKB).

Kepala Bidang Sekolah Dasar (Kabid SD) Disdik Bangkalan Dewi Ega membenarkan bahwa kontraktual untuk pembangunan toilet di SDN Kemayoran 02 memang senilai Rp120 juta.

“Ini kan dipihakketigakan, jadi semuanya sudah disetujui dengan pemenang tender,” ucap Ega.

Menurut Ega, proses pembangunan toilet juga sudah dilakukan, karena batas akhir pembangunannya sudah ditetapkan pada akhir November 2021. Selain itu, pihaknya juga mengawasi, agar bahan bangunan juga sesuai dengan anggaran.

“Kami nanti juga mengawasi, agar pembangunan sesuai dengan kontrak,” tutup Ega.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *