Inspektorat Sumenep Minta Pimpinan OPD Juga Lakukan Pengawasan

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/SUMENEP-Inspektorat Kabupaten Sumenep meminta semua pihak khususnya pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) bersinergi dalam melakukan pengawasan terhadap aparatur sipil negara (ASN). Hal itu disampaikan inspektur Inspektorat Kabupaten Sumenep, Titik Suryati. Menurutnya, mekanisme proses penindakan terhadap ASN harus melalui kerjasama berbagai pihak.

“Ya seperti kasus oknum ASN itu (melakukan pelecehan seksual, red) kami tidak dapat laporan. Tugas kami tidak bisa langsung menindaklanjuti sebelum ada laporan dari instansi terkait. Jika diserahkan ke sini semua, ya kewalahan pastinya,” katanya kemarin (31/7).

Bu Titik, sapaan akrabnya, menyampaikan, secara prosedural, proses penindakan dari pihak inspektorat itu harus berangkat dari pengaduan masing-masing OPD yang bersangkutan. Setelah ada laporan, barulah inspektorat akan menindaklanjuti.

Ia juga menuturkan, pihaknya tidak hanya fokus menilai kinerja ASN, tetapi seluruh yang berkaitan dengan pemerintahan Sumenep itu masuk pada wilayah inspektorat. Dan jika ada laporan kinerja ASN yang melanggar ketentuan pihaknya masih harus melakukan klarifikasi sebelum melakukan tindakan.

“Kita berdasarkan laporan terlebih dahulu, lalu setelah itu kami proses, karena tugas kami bukan hanya di situ saja. Termasuk masalah anggaran, review, RKK, dan sejenisnya itu, tidak mungkin langsung diproses kalau tidak ada laporan dari OPD terkait,” imbuhnya.

Kendati demikian perempuan berjilbab itu tetap menghimbau agar seluruh ASN mematuhi kode etik, terutama dalam kedisiplinan bekerja dan tentunya disertai dengan niat tulus mengabdi kepada bangsa dan negara.

Sementara itu Kepala Dinas PU Bina Marga, Eri Susanto mengaku akan mengklarifikasi serta jika ada salah satu staf-nya yang bermasalah maka akan dilaporkan ke pihak inspektorat.

“Ya pastinya kami telusuri terlebih dahulu, kalau sudah terbukti, pasti kami laporkan,” katanya kemarin. (km48/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *