Inspirasi Berbagi dari Komunitas Kampung Sedekah, Galang Dana dengan Kotal Amal ‘Seribuan’

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) BERBAGI: Anggota Kampung Sedekah hadir meringankan beban duafa dan anak yatim dengan donasi seribuan.

KABARMADURA.ID – Tidak banyak orang mau berkorban dan bersusah payah demi orang lain. Seperti halnya dengan puluhan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Kelurahan Barurambat Timur. Mereka menginisiasi pembentukan Komunitas Kampung Sedekah yang bertujuan untuk membantu sesama. Terutama mereka yang sedang dalam kesulitan ekonomi.

ALI WAFA, PAMEKASAN

Komunitas itu mereka bentuk pada tahun 2017. Kampung Sedekah dibentuk dan hadir di tengah-tengah warga Pamekasan dan Barurambat Timur untuk berbagi kebahagiaan dengan kaum dhuafa dan anak yatim. Mereka berkeliling ke sejumlah tempat untuk menghimpun donasi.

Donasi itu dikumpulkan dengan cara mengantarkan kotak amal seribuan. Mereka tidak menekan para donatur. Bahkan, mereka memberi standar maksimal donasi paling banyak yaitu Rp1 ribu saja. Mereka tidak ingin memberatkan warga untuk beramal.

“Kami tidak ingin memberatkan donator. Jadi cukup seribu ajalah, gak usah banyak-banyak, yang penting istikamah,” ucap Pembina Kampung Sedekah, Rahman Solihin Sujae.

Kotak amal tersebut nantinya akan berjalan ke seluruh perkampungan dan perumahan warga. Setelah semua donasi terkumpul, lalu disalurkan kepada kelompok yang membutuhkan berupa sembako dan makanan pokok lainnya, termasuk uang tunai. Kehadiran Kampung Sedekah disambut antusias oleh masyarakat, sebab perannya dinilai cukup membantu warga yang membutuhkan.

Komunitas yang beranggotakan 20 orang itu menyalurkan donasi dua kali dalam sebulan. Jumlah donasi yang didapatkan pun bervariatif, mulai dari Rp2 juta hingga Rp5 juta. Donasi itu disalurkan kepada sekitar 150 orang pertama yang teridiri dari anak yatim dan dhuafa.

“Ada yang berupa sembako dan mie. Sama uang tunai juga. Kalau ke masjid dan musala, diberikan berupa uang,” pungkas Rahman yang juga anggota Kepolisian Resor (Polres) Pamekasan.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *