Inspirasi dari Romida Erlita, Peraih Juara 1 Lomba Orasi Nasional di Universitas Riau

(FOTO: KM/IST) SEMANGAT: Tyas Romida Erlita saat melakukan orasi di sekitar kediamannya,  Mojokerto.

KABARMADURA.ID – Usia muda merupakan momentum emas untuk mengasah beragam kemampuan. Salah satunya yaitu kemampuan berbicara di depan publik. Seperti yang telah dilakukan Tyas Romida Erlita, perempuan asal Mojokerto yang sering mengikuti berbagai kompetisi orasi nasional untuk melatih kemampuan public speaking-nya.

HELMI YAHYA, BANGKALAN

Mahasiswi Program Studi Ilmu Hukum Universitas Trunojoyo Madura tersebut menuturkan bahwa dirinya pernah mengikuti kompetisi orasi dengan judul ‘Semangat Juang Para Pemuda Membangun Patriotisme dan Nasionalisme untuk Indonesia’. Kompetisi diselenggarakan di BEM Fakultas Pertanian Universitas Riau. Dalam kompetisi itu, Ia berhasil menyabet juara 3.

Bacaan Lainnya

“Seluruh yang saya lakukan ini tentu atas usaha dan doa dan izin Allah,” ungkap Tyas.

Sebelum mengikuti kompetisi orasi di Riau, ia bercerita, bahwa sebelumnya telah mempersiapkan diri dengan matang. Seperti mulai dari mempersiapkan materi, mencari sumber referensi (jurnal, artikel, ebook), hingga latihan berorasi berulang kali.

“Saya upayakan maksimal dalam penyampaiannya, selebihnya, menang atau tidaknya, saya pasrahkan pada Yang Maha Kuasa,” terang perempuan yang usianya belum genap 21 tahun itu.

Ia juga bertutur, lomba orasi pertama yang diikutinya yaitu lomba orasi yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Trenggalek. Saat itu, ia berhasil meraih juara 1. Selanjutnya, ia juga pernah juara 3 lomba orasi  dalam acara peringatan HUT Pemuda Demokrat Indonesia. Ia juga pernah ditetapkan sebagai juara harapan 1 lomba orasi yang diselenggarakan Forum Bersatu Indonesia (FBI) Unesa.

Ia mengaku bersyukur telah melewati beberapa proses luar biasa. Apalagi di masa pandemi Covid-19, tambah Tyas, bisa tetap berkarya dan produktif.

“Saya berharap dari orasi yang saya suarakan dapat memotivasi banyak orang dan tentunya membawa dampak positif,” ucapnya memberikan motivasi. (hel/maf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.