Izin Umroh Keluar, Pemberangkatan Masih Belum Dipastikan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) BELUM JELAS: Kepala Kankemenag Pamekasan Fandi belum bisa memastikan waktu pemberangkatan jamaah umroh dari Pamekasan.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Pamekasan Fandi menyampaikan, pelaksanaan umroh oleh otoritas pemerintah Arab Saudi sudah diperbolehkan. Hal itu menurutnya, atas pertimbangan perkembangan Covid-19 di Indonesia yang semakin membaik. Namun, secara teknis tata cara pelaksanaan umroh belum dikeluarkan.

Menurut Kepala Kankemenag Pamekasan Fandi, secara teknis untuk pemberangkatan umroh belum diatur oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI, sebab masih merampungkan berbagai pertimbangan kondisi dan situasi terkini perkembangan Covid-19. Sehingga, pihaknya belum memastikan waktu pemberangkatan umroh tahun ini, kendati izinnya telah dikeluarkan otoritas Arab Saudi.

“Regulasinya belum rampung, polanya seperti apa di sana, termasuk karantinanya bagaimana di sana, jadi tidak mungkin untuk diberangkatkan pada bulan ini,” paparnya, Minggu (14/11/2021).

Sementara itu, ia mengungkapkan, secara terperinci jumlah travel umroh yang terdaftar di Kemenag Pamekasan  sebanyak tiga. Di antaranya yaitu Arudam, Al-Madani, dan Al-Muna. Namun hingga kini, terkait jumlah orang yang akan berangkat dan telah mengundurkan diri belum terdata.

“Kalau izinnya sudah dari pemerintah Arab Saudi, tetapi untuk persoalan teknisnya harus ada kesepakatan, yang di antaranya mengenai pembiayaan dan lainnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan jamaah haji tahun depan, kemungkinan terlaksana dengan penerapan protokol kesehatan (protkes). Saat ini, ada 35 orang yang batal berangkat, sebab ada yang meninggal dunia dan mengalami stroke.

“Yang wafat yang sudah kami proses per bulan November ini ada 35 orang, ada yang porsinya berangkat tahun ini, ada yang berangkat tahun 2022, ada yang 2024, total 35 itu selama tahun 2021,” tuturnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *