oleh

Jabatan Direktur PDAM Tiba-tiba Langsung Diperpanjang

Langsung Diperpanjang Tanpa Rekrutmen Direktur PDAM Tiba-tiba Diangkat Kembali

Kabarmadura.id/Sampang -Masa jabatan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Trunojoyo Kabupaten Sampang Achmad Fauzan, sejatinya sudah berakhir pada bulan Agustus lalu. Periode itu dilaluinya sejak tahun 2015 hingga 2019.

Untuk mengisi kekososongan jabatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang selaku pemiliki badan usaha milik daerah (BUMD) tersebut, menunjuk pelaksana tugas (Plt). Namun itu, tidak berlangsung lama, hanya sekitar satu bulan.

Anehnya, tidak ada proses retrutmen calon direktur PDAM baru, Pemkab Sampang langsung menunjuk kembali saudara Achmad Fauzan menjadi direktur periode 2019-2023.

Saat dikonfirmasi kepada Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setkab Sampang Juwaini, dikatakan bahwa masa jabatan direktur PDAM sempat di-Pl-kan selama satu bulan. Tujuannya untuk memberikan kesempatan guna melakukan evaluasi terhadap kinerja dirut sebelumnya.

Dengan begitu, direktur yang lama itu diangkat kembali menjadi definitif, kerena kinerjanya selama ini masih dinilai baik.

Ia memaparkan, untuk proses pengangkatan kembali sebagai direktur itu, berdasarkan aturan, tidak harus melalui proses seleksi atau rekrutmen, terkecuali yang bersangkutan tidak diangkat kembali, karena kinerjanya buruk.

“Hasil rekom dewan atas kinerja direktur PDAM Achmad Fauzan ini relatif lumayan, makanya dia diangkat kembali tanpa harus melaksanakan proses seleksi ulang, langsung ditunjuk,” ujar Juwaini saat dihubungi Kabar Madura, Senin (4/11).

Juwaini menjelaskan, aturan yang memperbolehkan mengangkat kembali direktur tanpa seleksi itu, yakni mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 37 tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah.

Selain itu, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 tahun 2017 tentang BUMD.

“Kalau sudah dua periode, baru tidak bisa diangkat lagi, harus melalui seleksi, tetapi jika masih satu periode seperti bapak Fauzan ini masih bisa diangkat kembali oleh bupati tanpa seleksi,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur PADM Trunojoyo Sampang Achmad Fauzan yang dikonfirmasi melalui Kabag Hubungan Langganan (Hublang) Yazid Solihin menegaskan, jabatan direktur itu sudah definitif sejak beberapa waktu yang lalu, karena jabatan Plt hanya berlangsung sekitar satu bulan, setelah itu dirut yang lama ditunjuk kembali tanpa proses seleksi.

“Sudah lama, jabatan direktur PDAM ini yang definitif, kira-kira bulan September kemarin kayaknya, sudah ada SK kok,” tukasnya. (sub/waw)

Komentar

News Feed