Jabatan Plt di Bangkalan Hambat Realisasi Program OPD 

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) MENGKHAWATIRKAN: Kekosongan pimpinan definitif di empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bangkalan, akan mempengaruhi keoptimalan dalam kinerja.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Kekosongan pimpinan definitif di empat organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Bangkalan, cukup menuai respon dari kalangan wakil rakyat. Mereka menilai, jika terlalu lama membiarkan jabatan dipimpin pelaksana tugas (Plt) kosong akan mempengaruhi terhadap kinerja pemerintahan.

“Dampaknya berakibat terhadap tidak maksimalnya kinerja di suatu OPD. Karena pimpinannya dijabat Plt yang juga merangkap jabatan menjadi kepala definitif dan dinas lain. Hal inilah, mengakibatkan beban kerja bertambah lantaran mengurus dua instansi sekaligus,” ujar Wakil Ketua Komisi A DPRD Bangkalan Ha’i, Senin (28/6/2021).

Bacaan Lainnya

Pihaknya menuturkan, jika memang ada pengisian jabatan definitif harus segera dilakukan. Sebab, program di empat OPD sudah terlaksana. Apalagi, Plt tidak memiliki kewenangan secara leluasa seperti pejabat definitif.  “Makanya, jangan terlalu lama dibiarkan dijabat Plt, karena Plt ada batasan kewenangannya. Bupati harus segera mengisi jabatan definitif di empat OPD tersebut,” tuturnya.

Tujuannya, agar semua program di empat OPD bisa berjalan secara maksimal. Sedangkan untuk lelang  jabatannya harus selektif. Sehingga, pengisi Plt merupakan pejabat yang mampu sesuai bidangnya.  “Baik secara pendidikan maupun keahliannya. Sehingga, kinerja akan tepat atau sesuai fungsinya,” paparnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Promosi Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Bangkalan Multazam Adjie mengatakan, dari empat OPD tersebut salah satunya instansinya sendiri. Kemudian, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Perindustrian, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dispernakertrans) dan Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Plt sekretaris dan kabid ditunjuk oleh kepala OPD masing-masing. Kalau kepala dinas, saya kurang tahu karena belum ada petunjuk,” responnya.  (ina/ito)

Plt di Empat OPD

  • Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA)
  • Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)
  • Dinas Perindustrian, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dispernakertrans)
  • Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *