oleh

Jadikan MKKS Wadah Majukan Pendidikan

Kabarmadura.id/SAMPANG-Komunitas musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) terbentuk sebagai wadah aspirasi setiap sekolah, yang menjembatani keperluan sekolah dengan dinas pendidikan (disdik), mengadakan pelatihan peningkatkan kualitas kepala sekolah demi kemajuan dunia pendidikan.

Semua aspirasi dari sekolah ditampung, didiskusikan di internal MKKS, kemudian hasilnya dilaporkan ke dinas terkait.

Saat ini forum MKKS memfokuskan kegiatan dalam merancang pembelajaran di tengah wabah Covid-19. Melalui MKKS, setiap sekolah memadukan perbedaan karakter, situasi dan problem agar seragam dalam memajukan pendidikan.

“Jadi sangat penting adanya komunitas yang menampung para kepsek ini, sehingga bisa bersama-sama memajukan dunia pendidikan,” ucap Ketua MKKS tingkat SMP di Kabupaten Sampang Teguh Suparyanto, Minggu (20/9/2020).

Pria kelahiran Sampang 7 Oktober 1967 itu mengatakan, selain menjadi fasilitator antara sekolah dengan dinas terkait, salah satu fungsi MKKS juga untuk melakukan penguatan kapabilitas kepsek melalui kegiatan pelatihan  atau diklat.

Sementara untuk kontribusi MKKS tersebut dalam dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Sampang, diakui masih sebatas memberikan masukan dan saran kepada pihak Disdik demi kemajuan pendidikan.

Semisal adanya kekosongan kepsek dan problem agar segera diselesaikan, serta memberikan rekomendasi dan solusi untuk mengatasi berbagai persoalan yang sedang terjadi, semisal masukan tentang penerapan kurikulum di tengah wabah agar disederhanakan, akhirnya dinas membuat regulasinya.

“Memang selama ini kontribusi MKKS belum seberapa, sebatas memberikan masukan-masukan kepada Disdik demi kemajuan dunia pendidikan,” ulas pria yang menjabat sebagai Kepsek SMP Negeri 1 Sampang itu.

Lanjut Teguh, hadirnya MKKS itu diklaim sangat mendukung dan diperlukan demi kemajuan dunia pendidikan, sebab jika tidak ada komunitasnya, proses koordinasi dan komunikasi antara sekolah dan dinas bisa terputus dan tidak maksimal.

Sambung Teguh, MKKS itu harus bisa mengakomodir semua harapan-harapan dari kepsek, utamanya terkait kompetensi melalui program peningkatan kompetensi kepsek melalui pelatihan, baik terkait manajerial, supervisi dan upaya pengembangkan dan memajukan sekolah di berbagai wilayah.

Untuk itu, dirinya mengajak semua pihak terkait dan elemen masyarakat untuk bersama-sama memajukan dunia pendidikan sesuai kultur sehingga dunia pendidikan di Sampang kedepannya bisa lebih baik.

“MKKS ini memiliki peran sesuai porsinya tersendiri dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan, meskipun kontribusinya tidak terlalu besar, tapi hadirnya komunitas ini sangat membantu bagi sekolah dan dinas sebagai penyambung aspirasi dan memberikan masukan demi kemajuan pendidikan,” tutupnya. (sub/pin)

Komentar

News Feed