oleh

Jadwal Pemberangkatan CJH di Sumenep Belum Final

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Meski belum ada informasi valid tentang pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) Sumenep. Namun Kementerian Agama (Kemenag) setempat, sudah mempersiapkan sejumlah dokumen persyaratan pemberangkatan CJH. Selasa, (23/8/2021).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Kemenag Sumenep Innani Mukarromah. Meski kabar pemberangkatan masih belum final, namun pihaknya tetap akan melakukan sejumlah persiapan. Hal itu sebagai bentuk antisipasi, karena pemberangkatan bisa diprediksikan berangkat tahun ini.

“Kalau pemberangkatan bisa berubah, tidak bisa diprediksi. Kami tidak berani memastikan, apalagi jika situasi seperti tetap berlanjut maka nanti kan bisa tidak berangkat lagi. Tapi berharap tahun ini berangkat,” katanya, Selasa (23/2/2021).

Dikatakannya, persiapan yang sudah dilakukan di antaranya adalah pembuatan paspor dan dokumen jemaah haji. Pihaknya sengaja mempersiapkan jauh hari, hal itu karena khawatir apabila ada perubahan jadwal pemberangkatan tinggal langsung menyetorkan berkas.

Menurutnya, pada hakikatnya Kemenag menunggu keputusan dari Arab Saudi selaku tuan rumah untuk memastikan pemberangkatan haji. Dari 35 ribu jamaah di Jawa Jawa Timur,  671 jemaah berasal dari Sumenep.

“Sumenep bukan kloter pertama, sementara kloter pertama berangkat tanggal 15 Juni. Persiapan-persiapan tetap harus siaga, biar tidak repot nanti,” lanjut perempuan yang sebelumnya bertugas di Kemenag Pamekasan itu.

Innani melanjutkan, selain berupaya untuk menyiapkan penyelenggaraan haji. Pihaknya juga siap bertanggung jawab dalam menjamin keselamatan warganya dari risiko penyebaran Covid-19. Namun memang jemaah haji rata-rata memahami kondisi seperti saat ini.

“Kami meyakini, pemberangkatan ibadah haji tahun ini. Insya Allah, semoga ada kabar baik,” pungkasnya. (ara)

Komentar

News Feed