Jaringan Internet Hambat Pelaksanaan ANBK di Sampang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/Fathor Rahman) PERLU EVALUASI: Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Kabupaten Sampang perlu dibenahi.

KABARMADURA.ID | SAMPANG – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) Kabupaten Sampang sudah terlaksana. Hanya saja, realisasinya belum maksimal dan perlu evaluasi untuk perbaikan pada pelaksanaan di tahun berikutnya. Sedangkan untuk hasil ANBK belum rampung. Hal ini diungkapkan Kasi Penyelenggara SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang Amir Sholeh, Kamis (21/10/2021).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang harus menjadi bahan evaluasi dan perbaikan pelaksanaan ANBK di tahun depan. Masing-masing, ketersediaan sarana dan prasarana (sarpras) serta kesiapan alat. Seperti komputer dan sistem operasionalnya. Bahkan, ketersediaan jaringan internet juga menjadi kendala yang perlu dibenahi.

Sebab jangkauan internet di daerah yang identik dengan slogan Kota Bahari tidak merata. Sedangkan untuk perbaikan jaringan sinyal, cukup membutuhkan waktu yang lama. Namun secara umum, kendala pelaksanaan ANBK yang terjadi tahun ini akan diupayakan semaksimal mungkin untuk dibenahi. Sehingga pada pelaksanaan ANBK tahun depan, persoalan tersebut tidak terulang kembali.

“Jadi akan kami evaluasi dan pikirkan solusinya untuk memaksimalkan pelaksanaan di tahun depan. Intinya, masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Kami sudah memiliki catatan kecil mengenai beberapa kendala yang harus dipenuhi. Karena ANBK maupun UNBK akan berlangsung secara kontinyu kedepan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, setiap sekolah penyelenggara ANBK melaporkan adanya kendala yang mengakibatkan pelaksanaan ANBK terhambat. Sehingga instansinya dengan mudah mencarikan solusi dari adanya kendala tersebut. Sebab diyakini, setiap lokasi penyelenggara ANBK tidak sama kendalanya. Untuk diketahui, sebanyak 282 SMP sederajat sudah melaksanakan ANBK. Namun, masih banyak siswa yang menumpang di sekolah lain, akibat minimnya sarpras ujian.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *