oleh

Jasa Konsultansi Sismiop Dipastikan Gagal Realisasi Tahun Ini

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Rencana pemerintah merealisasikan pengadaan jasa konsultan sistem informasi objek pajak (Sismiop) kandas. Pihak Badan Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sampang memastikan program berbasis komputer itu tidak bisa direalisasikan tahun ini.

Alasannya, anggaran program tersebut masuk daftar refocusing. Sehingga, terpaksa program yang semestinya berintegrasi dengan pemerintah pusat itu, harus ditunda. Sehingga, anggaran untuk jasa konsultansi tidak bisa dilakukan. Hal ini diungkapkan, Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) BPPKAD Sampang, Khairijah, Senin (15/3/2021).

Menurutnya, anggaran untuk jasa konsultansi harus dialihkan. Sebab, program itu masuk daftar pengalihan anggaran refocusing pencegahan Covid-19. Sehingga, perencanaan program Sismiop tidak bisa dimulai tahun ini. “Anggaran itu, kena recofusing mas. Jadi tidak bisa direalisasikan tahun ini. Pengalihan anggaran sudah dipastikan dan program itu tidak bisa dimulai,” ucapnya.

Dia mengatakan, terpaksa penarikan pajak tetap dilakukan secara manual. Sehingga, pencatatan pendapatan tetap dilakukan seperti tahun sebelumnya. Namun, pihaknya memastikan jika program itu akan kembali dianggarkan tahun depan. Sebab, program sismiop, bisa membantu efektifitas pencatatan pajak.

Bahkan, mampu mencatat semua kegiatan secara online dan terpadu. Apalagi, program itu merupakan anjuran dari pemerintah pusat. Menurutnya, anggaran sismiop sengaja besar, untuk meningkatkan sistem kinerja pemerintah. Khususnya, dalam bidang perpajakan.

Sesuai data di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Sampang, anggaran mencapai Rp794.500.000. Anggaran itu, hanya untuk jasa konsultasi pembentukan basis data Sismiop. Pelaksanaan pengadaan jasa konsultansi dimulai sejak bulan Februari 2021.

Sismiop merupakan sistem administrasi perpajakan yang mengintegrasikan seluruh pelaksanaan kegiatan PBB berbasis komputer. Mulai dari pengumpulan data, pemberian identitas, pemrosesan, pemeliharaan, hingga pencetakan hasil pengeluaran.

Selain itu, Sismiop merupakan aplikasi yang memudahkan pemerintah dalam melakukan pengelolaan PBB-P2, SISMIOP C2000 dikembangkan dengan menggunakan teknologi terkini dan berbasis web. Sehingga tidak diperlukan lisensi tambahan jika akan digunakan untuk beberapa perangkat komputer yang akan mengakses aplikasi. (man/ito)

 

Komentar

News Feed