Jasa Operasional Pasar di Sampang Tembus Rp1,7 Miliar

  • Whatsapp
(FOTO: KM/SUBHAN) CUKUP BESAR: Anggaran jasa operasional pasar rakyat tahun 2021 mencapai Rp1,7 miliar.

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Setiap tahun Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Sampang mengucurkan anggaran hingga miliar rupiah untuk jasa operasional sejumlah pasar rakyat yang tersebar di berbagai wilayah. Untuk tahun ini, jasa operasional pasar tembus Rp1,7 miliar.

Berdasarkan data yang dihimpun Kabar Madura dari Diskopindag Sampang, jumlah pasar rakyat di Sampang sebanyak 25 pasar yang tersebar di 14 kecamatan. Adapun jasa operasional pasar itu, meliputi jasa tenaga keamanan Rp972 juta, jasa penarikan retribusi parkir Rp290 juta, dan jasa tenaga kebersihan Rp450 juta.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, untuk jumlah tenaga keamanan tercatat sebanyak 54 orang, dengan honor Rp1,5 juta per bulan, tenaga kebersihan 59 orang dengan  honor Rp750 per bulan dan petugas retribusi 85 orang dengan besaran honor disesuaikan dengan penerimaan retribusi, kisaran Rp150 ribu hingga Rp250 ribu per bulan.

Kepala Diskopindag Sampang Suhartini Kaptiati melalui Kabid Pengelolaan Pasar Moh. Rosul mengatakan, biaya operasional yang dikeluarkan setiap tahunnya cukup besar, karena jumlah tenaga keamanan dan kebersihan yang dipekerjakan juga banyak dan seimbang dengan penerimaan pendapatan pasar.

Ia juga mengutarakan, pada tahun 2020 lalu, penerimaan pendapatan asli daerah yang bersumber dari pasar mencapai Rp4,2 miliar. Sehingga menurutnya, pengeluaran jasa operasional tersebut relatif seimbang.

“Memang angka jasa operasional pasar ini cukup besar. Ini semua demi keamanan dan kenyamanan masyarakat ketika berkunjung ke pasar rakyat,” ujar Rosul, Rabu (27/10/2021).

Ia juga membeberkan, bahwa tidak semua pasar rakyat memiliki petugas keamanan. Sementara, untuk petugas kebersihan, hampir semua pasar memilikinya. “Jika nanti di semua pasar ada petugas keamanannya, maka otomatis jasa operasional ini terus meningkat. Tapi kami lihat kebutuhannya dulu,” ulasnya.

Sambung Rosul, jasa operasional pasar merupakan pengeluaran wajib yang bertujuan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Sebab menurutnya, kebersihan pasar akan berdampak pada kenyamanan pengujung ketika berbelanja.

-Anggaran jasa operasional pasar rakyat tahun 2021: Rp1,7 miliar

– Jumlah pasar rakyat: 25 pasar

– Jasa tenaga keamanan: Rp972 juta

– Jasa retribusi parkir: Rp290 juta

– Jasa tenaga kebersihan: Rp450 juta

– Jumlah tenaga keamanan: 54 orang

– Jumlah tenaga kebersihan: 59 orang

– Jumlah petugas retribusi parkir: 85 orang

Reporter: M. Subhan

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *